Kapal Isolasi Terapung Hadir di Medan

Menhub pun mengajak masyarakat Medan dan sekitarnya yang terpapar COVID-19 tanpa gejala atau bergejala ringan untuk memanfaatkan kapal isoter

22 Agustus 2021, 23:56 WIB

JAKARTA (Isoter) Terapung kini hadir di Medan. Sudah ada tujuh wilayah yang sudah memanfaatkan enam kapal isoter ini. Diantaranya Makassar, Bitung, Minahasa Utara, Sorong, Jayapura, Lampung, dan Medan.

“Untuk itu telah disiapkan 10 – 12 kapal lagi yang akan diprioritaskan bagi daerah yang memiliki kasus COVID-19 yang tinggi,” ungkap Menhub, , saat meninjau pelayanan isoter terapung , di Pelabuhan Belawan Medan, Sabtu (21/8/2021) kemarin.

Menurut Menteri Perhubungan dengan adanya isoter di kapal diyakini dapat mempercepat kesembuhan penderita COVID-19 dibandingkan dengan melakukan isolasi mandiri di rumah, yang berpotensi menimbulkan kluster keluarga.

Untuk itu, Menhub pun mengajak masyarakat Medan dan sekitarnya yang terpapar COVID-19 tanpa gejala atau bergejala ringan untuk memanfaatkan kapal isoter.

“Karena standarnya sudah sangat baik mulai dari tenaga kesehatan dan obat-obatan yang terjamin. Selain itu, di isoter juga ada udara yang mengandung klorin, yang bisa menstilmulus dan memepercepat kesembuhan,” pungkasnya.

Diketahui sebagai lokasi isoter merupakan wujud kerja sama antara Pemko Medan, Kemenhub, Pelni dan Pelindo 1. ini telah tiba di Pelabuhan Belawan, pada Senin, 16 Agustus 2021.

Kapal ini mampu menampung sebanyak 463 bed (450 bed untuk pasien dan 13 bed untuk nakes). Pemko Medan telah melakukan pembenahan dan penataan bentuk dalam kapal, sehingga dapat difungsikan sesuai kebutuhan lokasi isoter. (Irw) ***

Artikel Terkait