Kapal Berbendera Asing Masuk Perairan Indonesia Tanpa Dokumen Lengkap Diamankan TNI AL

Kapal Angkatan Laut (KAL) Nipa segera melakukan pengejaran menuju sasaran dan mendapati secara visual sebuah kapal yang mencurigakan

2 September 2021, 22:52 WIB

JAKARTA – Tentara Nasional Angkatan Laut (TNI AL) amankan sebuah Kapal berbendera memuat dengan berat sekira 4600 ton.

Kapal Tangker pembawa minyak hitam yang diduga merupakan limbah tanpa dilengkapi dokumen yang sah masuk ke perairan Pulau Tolop, Kepulauan Riau.

Dikutip dari laman Infopublik.id, Panglima Koarmada I (Pangkoarmada I) Laksda TNI Arsyad Abdullah dalam keterangannya di Batam, mengatakan Koarmada I selaku Kotama Operasional TNI AL bertugas menyelenggarakan operasi pertahanan dan keamanan matra laut sesuai kebijakan Panglima TNI.

Baca Juga: Jokowi Resmikan Bendungan Kuningan, Luas Genangan 221,57 Hektar Hingga ke Brebes

“Implementasi dari tugas tersebut adalah menggelar operasi penegakkan kedaulatan dan hukum di laut yurisdiksi nasional Indonesia secara intensif,” ungkapnya melalui keterangan tertulis Dispenal yang diterima InfoPublik.id.

Intensitas operasi laut yang dilakukan TNI AL dalam hal ini Koarmada I dan jajarannya membuahkan hasil dengan menangkap MT. Zodiac Star yang diduga melakukan pelanggaran di .

Penangkapan MT. Zodiac Star berbendera Panama berawal dari laporan intelijen yang ditindaklanjuti oleh Lanal Batam dengan menggerakkan KAL Nipa I-4-57 guna menyisir perairan Pulau Tolop Kepulauan Riau.

Baca Juga: Menko PMK Setuju Rusunawa Era Jokowi di Solo Dirobohkan, Ini Alasannya

Kapal Angkatan Laut (KAL) Nipa segera melakukan pengejaran menuju sasaran dan mendapati secara visual sebuah kapal yang mencurigakan. KAL Nipa lantas melaksanakan penghentian dan pemeriksaan terhadap MT. Zodiac Star.

Dari pemeriksaan awal diketahui Kapal berbendera Panama MT. Zodiac Star dengan bobot 3.224 GT memuat minyak hitam diduga limbah sebanyak ± 4600 Ton tanpa dilengkapi dokumen. MT. Zodiac Star diawaki 19 orang termasuk Nakhoda (DF), 18 berkewarganegaraan Indonesia dan satu ABK berkewarganegaraan .

Artikel Terkait