KAI Luncurkan Kereta Api Bandara YAI, Hanya Sektor Esensial dan Kritikal

Selama peluncuran awal yang dimulai pada 27 Agustus 2021, PT KAI menggratiskan tiket penumpang ke Bandara Internasional Yogyakarta

2 September 2021, 12:12 WIB

– PT Kereta Api Indonesia (KAI) melouncing trayek menuju Bandara Internasional Yogyakarta (YAI). Selama peluncuran awal yang dimulai pada 27 Agustus 2021, menggratiskan tiket penumpang ke Bandara Internasional Yogyakarta.

Sayang tidak semua masyarakat bisa menggunakannya. Pasalnya, sesuai SE Kemenhub No 58 tahun 2021, kereta api Bandara ini dikhususkan pekerja di Sektor Esensial dan Sektor Kritikal.

Baca Juga: PPKM Diperpanjang Lagi, Anak di Bawah 12 Tahun Tetap Dilarang Naik KA Jarak Jauh

“Karena ini termasuk sebagai KA Lokal Perkotaan,” jelas Humas Daop 6 Yogyakarta, Supriyanto, mengutip dari VP Public Relations KAI Joni Martinus, Kamis 2 September 2021.

Pemberlakuan tarif Rp.0 ini berlaku mulai tanggal 1 hingga 16 September 2021. Tiket bisa didapatkan di loket stasiun lintas Yogyakarta – Bandara Internasional Yogyakarta mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan KA.

Baca Juga: Terkait Suksesi Pura Mangkunegara, Paundra: Semua Ada Prosesnya

“Pemberlakuan tarif Rp.0, berlaku mulai tanggal 1 hingga 16 September 2021,” jelas Humas Daop 6 Yogyakarta, Supriyanto, mengutip dari VP Public Relations KAI Joni Martinus.

Karena pengguna moda transpotasi selama pemberlakuan dibatasi dan hanya kelompok tertentu, maka saat boarding, pelanggan diharuskan menujukkan STRP atau Surat Keterangan lainnya yang dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah setempat atau Surat Tugas dari pimpinan perusahaan.

Pelanggan tidak diwajibkan untuk menunjukkan kartu vaksin dan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR atau Rapid Test Antigen.

Baca Juga: Tirtonadi Jadi Percontohan Nasional Revitalisasi Terminal Tipe A

“Namun akan dilakukan pemeriksaan Rapid Test Antigen secara acak kepada para pelanggan di stasiun. Termasuk menerapkan protokol kesehatan,” pungkasnya. (Ian) ***

Artikel Terkait