KA Airlangga Resmi Beroprasi, Layani Rute Pasar Senen – Surabaya Pasar Turi

1 Oktober 2021, 21:19 WIB

SKALA.ID/KAI (Persero) meluncurkan Kereta Api baru yaitu KA Airlangga relasi Pasar Senen – Surabaya Pasar Turi pergi-pulang (pp) pada Jumat, 1 Oktober 2021 di Stasiun Pasar Senen.

Rangkaian KA Airlangga terdiri dari 8 Kereta Ekonomi dengan total 848 tempat duduk. Namun selama masa pandemi hanya berisi maksimal 70 persen dari total tempat duduk sesuai SE Kemenhub No 14 tahun 2020.

Sehingga kapasitas KA Airlangga di masa pandemi adalah 74 tempat duduk perkereta atau total 592 tempat duduk.

Baca Juga: Kim Soo Hyun Comeback Dalam ‘One Ordinary Day’

KA Airlangga dioperasikan berdasarkan penugasan Kementerian Perhubungan kepada KAI melalui surat dengan nomor KA.005/1/25/K2/DJKA/2021 pada 28 September 2021 perihal Pengoperasian KA Airlangga Sebagai KA Kewajiban Pelayanan Publik / Public Service Obligation (PSO).

Direktur SDM dan Umum KAI Agung Yunanto mengatakan, pengoperasian perdana KA Airlangga merupakan bentuk komitmen KAI untuk melayani lebih cepat dan lebih baik guna memberikan nilai tambah kepada pelanggan.

“KA Airlangga dioperasikan dalam rangka meningkatkan animo masyarakat untuk kembali menggunakan transportasi kereta api sehingga dapat memulihkan roda perekonomian masyarakat,” jelas Agung Yunanto.

Baca Juga : Pemuda Pancasila FC Bidik Bisa Berlaga di Liga 3 Ikuti Jejak Persika Karanganyar

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api, Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Danto Restyawan menambahkan KA Airlangga menjadi alternatif kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan.

“KA baru ini bisa menjadi alternatif masyarakat pengguna kereta api, ” lanjutnya.

Adapun tarif KA Airlangga yaitu Rp49.000 untuk jarak tempuh 0 s.d 290 km dan Rp104.000 untuk jarak tempuh lebih dari 290 km.

Baca Juga: Squid Game Sukses Menduduki Peringkat Atas, Lengserkan Money Heist di Netflix

Tiket KA Airlangga dapat dibeli di aplikasi KAI Access, website KAI, loket, dan seluruh channel penjualan lainnya.

Sementara untuk jadwal keberangkatan KA Airlangga dari Stasiun Pasar Senen adalah pukul 11.30 WIB dan tiba di Stasiun Pasar Turi pukul 23.00 WIB.

Sedangkan keberangkatan KA Airlangga dari Stasiun Pasar Turi adalah pukul 12.25 WIB dan tiba di Stasiun Pasar Senen pukul 00.10 WIB****

Artikel Terkait