Jokowi Resmikan Bendungan Kuningan, Luas Genangan 221,57 Hektar Hingga ke Brebes

Jokowi berharap dengan diresmikannya bendungan Kuningan ini bisa mendorong peningkatan produktivitas sekaligus kesejahteraan para petani

1 September 2021, 22:39 WIB

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) Meresmikan di Kabupaten , Provinsi Jawa Barat, Selasa 31 Agustus 2021 kemarin.

Jokowi berharap dengan diresmikannya Kuningan ini bisa mendorong peningkatan produktivitas sekaligus kesejahteraan para petani.

“Alhamdulillah, Bendungan Kuningan di Provinsi Jawa Barat yang telah dibangun selama tujuh tahun dengan biaya Rp513 miliar hari ini selesai dan siap untuk difungsikan,” ujar Jokowi seperti dikutip dari setkab.go.id.

Baca Juga: Merapi Erupsi Awan Panas Guguran Meluncur Arah Barat

Bendungan berkapasitas 25,9 juta meter kubik dan luas genangan 221,59 hektare ini bisa menyuplai air irigasi secara kontinu bagi 3.000 hektare areal sawah masyarakat yang berada di Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Cirebon di Jawa Barat serta Kabupaten Brebes di Jawa Tengah.

Jika suplai air untuk irigasi ini terus terjaga, petani bisa menambah frekuensi tanamnya dari satu kali setahun menjadi dua atau tiga kali setahun.

“Sehingga dapat meningkatkan produksi dan juga berdampak pada kesejahteraan petani kita,” terang Jokowi.

Baca Juga: Tirtonadi Jadi Percontohan Nasional Revitalisasi Terminal Tipe A

Selain mendukung sektor , Bendungan Kuningan juga sangat bermanfaat untuk mendukung ketahanan air dengan menyediakan layanan air baku sebesar 0,30 meter kubik per detik. Serta mendukung pengendalian banjir serta berpotensi menghasilkan daya listrik sebesar 0,5 megawatt. (Ade) ***

Sumber: Biro Pers Satpres

Artikel Terkait