Jelang Ramadan Permintaan Es Kristal Meningkat, PUDAM Tirta Lawu Datangkan Mesin Baru

22 Maret 2022, 11:26 WIB

SKALA.ID – Menjelang datangnya bulan suci Ramadan produsen pembuatan kebanjiran permintaan pasokan es.

Tak tanggung-tanggung, kenaikan permintaan kiriman ini mencapai 5 ton.

Dirut PUDAM Tirta Lawu Prihanto mengatakan sebenarnya pihaknya sudah memprediksi akan ada kenaikan produksi .

Pertama di Indonesia, PUDAM Tirta Lawu Produksi Es Kristal, Nilai Investasi Rp 600 Juta

Karena itu, saat rintisan pembuatan es kristal ini mulai dirintis, pada 25 Februari 2022 silam, pihaknya secara bertahap akan menaikan produksi es kristal dari 1,5 ton hingga 5 ton.

“Tapi ternyata baru belum genap satu bulan saja, sudah terjadi lonjakan. Awalnya kami hanya memproduksi es kristal 1,5 ton hingga 2 ton. Tapi ini sudah terjadi lonjakan permintaan es kristal hingga 5 ton,”papar Prihanto, Selasa 22 Maret 2022.

Karena terjadi lonjakan permintaan es kristal hingga 5 ton, pihaknya membeli es pembuatan es kristal senilai Rp 490 juta.

Cerita Pemuda Penderita Kanker Tulang Dijenguk Kapolres Karanganyar

“Untuk memenuhi permintaan es kristal, kami mendatangkan mesin pembuat es baru. Langkah ini agar pesanan es yang kebanyakan dari para pelaku kecil bisa terpenuhi,”terang Prihanto.

Kendati terjadi lonjakan pemesanan es kristal, pihaknya, ungkap Prihanto, tak mau aji mumpung dengan menaikan harga penjualan es kristal.

Untuk perkilo es kristal harga jual tetap Rp 5000. Sedangkan harga jual dari distributor ke pedagang itu Rp 7000. Karena usaha milik PUDAM Tirta Lawu ini memang diprioritaskan untuk membantu para pelaku UMKM kecil.

Ganjar Bawa Tanah dan Air dari Pusar Bumi Jawa, Khofifah Ambil Dari Tujuh Sumber Asal Petilasan Majapahit ke IKN

“Harga masih tetap dari kami Rp 5000. Dan harga dari distributor ke konsumen masih sama Rp 7000. Karena usaha ini memang kami tujukan untuk membantu para pelaku UMKM. Sehingga meski terjadi lonjakan pemesanan, harga kami masih sama,”terangnya.

Artikel Terkait