Jasa Marga Mencatat H-3, Volume Lalu Lintas Mudik Tertinggi Sepanjang Sejarah

Mudik 2022, H-3 pecahkan rekor tertinggi/dok Jasa Marga

1 Mei 2022, 14:20 WIB

SKALA.ID– Tahun 2022 ini,  PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat rekor tertinggi melayani volume lalu lintas tertinggi pada periode arus mudik sepanjang libur Hari Raya Idulfitri di Indonesia selama ini.

Tercatat pada H-3 Hari Raya Idulfitri 1443 H, Jumat, 29 April 2022, sebanyak 105.016 kendaraan meninggalkan Jabotabek menuju Timur (Cirebon, Semarang, Solo, Surabaya, dan sekitarnya), jumlah ini meningkat 165,5 persen dari lalu lintas normal periode November 2021 sebanyak 39.554 kendaraan.

Angka tersebut memecahkan rekor sebelumnya, pada periode arus mudik Hari Raya Idulfitri 1441 H/2019 lalu, Jasa Marga juga mencatat rekor tertinggi melayani volume lalu lintas saat arus mudik, yaitu sebanyak 103.077 kendaraan meninggalkan Jabotabek menuju timur via Jalan Tol Trans Jawa yang melintas melalui GT Cikampek Utama.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru menjelaskan, untuk melayani pengguna jalan dengan maksimal, Jasa Marga mengoperasikan total gardu operasi hingga dua kali lipat dari kondisi lalu lintas normal.

“Kami memaksimalkan kapasitas gerbang tol untuk melayani peningkatan volume lalu lintas di GT Cikampek Utama, yang mengoperasikan total 30 lajur transaksi serta penambahan 4 mobile reader secara tandem,” jelasnya sebagaimana dikutip dari InfoPublik pada Minggu (1/5/2022).

Menurut Heru, terselenggaranya layanan arus mudik dengan lalu lintas tertinggi sepanjang libur Hari Raya Idulfitri ini tidak lepas dari kolaborasi bersama dengan Kepolisian, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat serta stakeholder terkait lainnya.

“Selalu berhati-hati dalam berkendara, patuhi rambu-rambu dan ikuti arahan petugas di lapangan. Masyarakat juga dapat mengakses informasi lalu lintas jalan tol Jasa Marga Group melalui One Call Center 24 jam di nomor 14080 dan aplikasi Travoy untuk pengguna iOS dan Android,” tutupnya.***

Artikel Terkait