Jalur Kereta Melintas di Tengah Kota Solo, PT KAI Ingatkan Jangan Parkir di Atas Rel

10 Februari 2022, 20:58 WIB

Jalur Kereta Melintas di Tengah Kota , PT KAI Ingatkan Jangan Parkir di Atas Rel

SKALA.ID – Jalur KA di bersinggungan dengan jalan raya, PT KAI Daop 6 minta masyarakat berhati-hati saat berkendara dan jangan sembarangan parkir.

Supriyanto, Manajer Humas KAI Daop 6 sebut lokasinya mulai dari menuju Stasiun Kota, sejajar dengan jalan raya di pusat Kota yaitu di Jalan Slamet Riyadi.

“Jalur kereta api di Kota Solo merupakan salah satu jalur unik di Indonesia karena tepat berdampingan dengan jalan raya,” jelasnya, Kamis (10/2/2022).

Cerita Menarik Sejarah Kereta Api di Aceh Tahun 1876

Karena kondisinya berjejer dengan jalan raya Supriyanto menyampaikan himbauan agar masyarakat yang berkendaraan di sepanjang jalur kereta antara Stasiun Purwosari sampai Stasiun Solo Kota, lewat Jalan Slamet Riyadi Solo agar berhati-hari.

“Harus berhati-hati saat melintas dan saat memarkir kendaraan di dekat jalur kereta api,” lanjutnya.

Supriyanto menambahkan bahwa di jalur kereta yang dibangun Belanda pada tahun 1922 tersebut saat ini setiap harinya melintas 4 perjalanan PP KA Bhatara Kresna relasi Stasiun Purwosari – Stasiun Wonogiri.

Bahkan di hari tertentu, beroperasi juga KA Jaladara, yang merupakan kereta wisata dengan lokomotif hitam dan rangkaian lama, yang dijalankan sesuai permintaan Pemerintah Kota Surakarta.

Kasus Covid-19 Meningkat, KAI Daop 6 Operasikan KA Sesuai Aturan Protokol Kesehatan

“Karena jalurnya yang berdampingan dengan jalan raya dan bahkan dekat dengan pusat-pusat aktifitas masyarakat, sering ditemui kendaraan yang parkirnya terlalu dekat dengan jalur KA,” lanjutnya.

Bahkan sampai badan kendaraan menjorok ke dalam jalur KA sehingga mengganggu dan membahayakan perjalanan kereta api. Terkadang juga masyarakat ada yang memarkir kendaraannya di atas rel KA. Padahal sudah terpasang rambu larangan.

“Kami menghimbau agar masyarakat benar-benar memperhatikan aspek keselamatan pada saat memarkir kendaraannya. Pastikan bebas serta cukup jauh dari rel KA,” pungkas Supriyanto.***

Artikel Terkait