Ini Yang Harus Dilakukan Pemilik Mobil Usai Perjalanan Mudik

Ini yang harus diperiksa agar mobil dapat kembali digunakan untuk mobilitas sehari-hari usai mudik.

12 Mei 2022, 23:46 WIB

SKALA.ID – Waktu mudik telah usai, pemeriksaan paska perjalanan jauh tentu akan berbeda dengan pemeriksaan seperti biasanya.
Ada beberapa hal yang perlu diperiksa agar dapat kembali digunakan untuk mobilitas sehari-hari.

Christiana Yuwantie, Sparepart Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) sampaikan khusus untuk kendaraan yang digunakan untuk perjalanan jauh, pemilik kendaraan wajib melakukan pemeriksaan kondisi mobil agar kinerjanya tetap optimal.

“Ada komponen yang perlu diperiksa diantaranya kondisi suku cadang,” jelasnya dalam rilisnya.

Kondisi Suku cadang yang penting untuk diperiksa yaitu: 

 Filter Oli dan Oli Mesin

Pengendara harus memperhatikan jadwal rutin pengecekan oli mesin dan filter oli. Oli mesin menjadi salah satu bagian terpenting yang harus diperhatikan karena berfungsi untuk melumasi bagian dalam mesin agar bekerja secara optimal sekaligus mencegah gesekan antar komponen.

Sedangkan filter oli berfungsi menyaring karbon dan kotoran hasil gesekan mesin sebelum oli mesin disebar ke seluruh bagian. Penggantian oli mesin dan filter oli dianjurkan dilakukan pada 1.000 kilometer pertama, dan dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan rutin setiap 10.000 kilometer. Lihat kekentalan oli melalui stik oli untuk meyakinkan kondisi oli mesin.

Busi

Busi memiliki peran penting terhadap kinerja mesin mobil. Maka dari itu, pemilik kendaraan juga harus melakukan pengecekan dan memastikan kondisi busi.

Penggantian busi dianjurkan setiap pemakaian 20.000 kilometer untuk memberikan pembakaran yang lebih sempurna sehingga mobil dapat digunakan dengan aman dan nyaman.

Artikel Terkait