Ini Spot Wisata Olahraga di Solo Sebagai Tuan Rumah Asean Para Games 2022

Stadion Manahan sport center di kota Solo/istimewa

27 Maret 2022, 17:05 WIB

SKALA.ID – Selama masa pandemi Covid 19 membuat masyarakat harus beradaptasi dengan semua kebiasaan baru. Baik kebiasaan baru dari di pendidikan, pekerjaaan, hingga hal-hal berkaitan dengan wisata. Salah satu trend pariwisata yang berkembang pesat selama pandemi adalah sport tourism.

Sport tourism atau kegiatan olahraga di alam terbuka biasanya dilakukan sekaligus untuk memperkenalkan objek wisata di daerah tertentu.

Dilansir dari laman pemkotsolo.go.id, Walikota merespon kemunculan sport tourism danbmendukung perencanaan trend wisata tersebut. Apalagi menurut Gibran sport tourism bisa memajukan generasi muda di , sekaligus juga memajukan olahraga di kota batik tersebut. 

Wisata Kuliner Baru Solo, Unik Lokasi Dekat Situs Ki Ageng Pemanahan

Untuk penggemar jogging bisa mengunjungi , Taman Monumen 45 Banjarsari, Kampus Universitas Sebelas Maret (UNS), dan Taman Balekambang.

Bagi kaum bikers alias yang hobi gowes bisa melewati 3 rute sepedaan di Kota . Pertama, rute sejarah yang akan melewati Keraton , Benteng Vastenburg, Pasar Gede, Bunker Tua Balai Kota, dan Pura Mangkunegaran. 

Kedua, ada rute taman yang akan melewati Taman Banjarsari, Stadion Manahan, Lapangan Kottabarat, Taman Sriwedari, dan Loji Gandrung. Terakhir, ada rute kriya yang akan melewati Kampung Blangkon, Kampung Batik Laweyan, Kampung Batik Kauman, dan berakhir di Museum Batik Danar Hadi. 

Sejarah Panjang Lawang Sewu Semarang Yang Kini Berubah Menjadi Lokasi Wisata Keren  

Ini juga salah satu faktor pendorong kota Solo dipilih sebagai tuan rumah kejuaraan Asean Para Games ke-11 tahun 2022. Karena selain banyak sport tourism, Solo juga merupakan kota ramah difabel yang menyediakan banyak fasilitas untuk penyandang disabilitas seperti guiding block, parkir khusus difabel, jalur khusus kursi roda, bus ramah difabel, dan berbagai fasilitas lain. 

Hal ini dilakukan untuk memberikan perlindungan dan pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas, termasuk hak untuk berwisata dan berolahraga.***

Artikel Terkait