Hujan Deras Guyur Lombok Nusa Tenggara Barat, 377 Rumah Kebanjiran

Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Lombok, Nusa Tenggara Barat menyebabkan 377 unit rumah kebanjiran

14 Februari 2022, 16:14 WIB

SKALA.ID yang mengguyur Kabupaten , Nusa Tenggara Barat menyebabkan 377 unit rumah kebanjiran.

terjadi pada Minggu 13 Februari 2022 pukul 15.00 WITA setelah sebelumnya wilayah tersebut diguyur hujan dengan itensitas tinggi.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lombok Tengah melaporkan, terjadi di wilayah Kelurahan Leneng dan Kelurahan Panjirsari yang berada di Kecamatan Praya dan Desa Puyung yang terletak di Kecamatan Jonggat.

Banjir Bandang Terjang Luwu, Tiga Orang Masih Dalam Pencarian

“Peristiwa tersebut menyebabkan 377 KK terdampak dengan tinggi muka air sekitar 10 – 50 sentimeter,”Plt Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, Ph.D, Senin 14 Februari 2022.

Hingga pagi ini Senin 14 Februari 2022 belum ada laporan terkait warga yang mengungsi ke tempat maupun korban luka / jiwa akibat dari banjir tersebut.

Untuk mempercepat penanganan darurat, tim gabungan yang terdiri dari BPBD, TNI/Polri dan perangkat desa langsung melakukan evakuasi dan kaji cepat, serta memberikan dukungan logistik dan peralatan seperti sembako, tikar/alas tidur serta peralatan mandi kepada warga terdampak.

Beredar Foto Mobil Terjebak Endapan Lahar Dingin Erupsi Semeru Ternyata Milik Relawan UNS, Ini Penjelasan Rektor

Selain itu BPBD berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk memutus saluran aliran listrik di lokasi yang diperkirakan akan membahayakan warga dan mengatur buka tutup pintu air dan bendungan di sekitar lokasi.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca untuk Kabupaten Lombok Tengah dan sebagian wilayah NTB akan mengalami hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat / petir dan angin kencang pada hari ini Senin 14 Februari 2022 dan Selasa 15 Februari 2022.

BNPB mengimbau kepada pemerintah daerah dan masyarakat, agar mengikuti perkembangan informasi tentang cuaca maupun potensi bencana yang ada di daerah masing-masing serta mempersiapkan diri meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi banjir, mengingat musim penghujan diperkirakan masih berlangsung hingga awal Maret 2022.***

Artikel Terkait