Hari Museum Nasional, Ternyata di Kota Inilah Museum Tertua di Indonesia Ada

Musium ini dibangun masa pemerintahan Pakubuwono IX

13 Oktober 2021, 00:33 WIB

SKALA. ID – Hari diperingati setiap tanggal 12 Oktober. Ditetapkannya hari tersebut sesuai berdasarkan Musyawarah Museum se-Indonesia (MMI) pertama yang digelar pada 12-14 Oktober 1962 di Yogyakarta.

Kota juga memiliki beberapa museum. Bahkan museum tertua di Indonesia ada di kota , yakni museum yang berdiri 28 Oktober 1890.

Mengutip laman pariwisatasolo.surakarta.go.id museum ini dibangun masa pemerintahan Pakubuwono IX oleh Kanjeng Raden Adipati Sosrodiningrat IV di dalem Kepatihan pada tanggal 28 Oktober 1890.

Baca Juga :
Sambangi Sragen, Sandiaga Uno Didoakan Jadi Pemimpin Amanah dan Peduli Nasib Rakyat Kecil

Kanjeng Raden Adipati Sosrodiningrat IV pernah menjabat sebagai Patih Pakubuwono IX dan Pakubuwono X.

Museum ini lalu dipindahkan ke lokasinya sekarang ini, Gedung Museum Radyapustaka di Jalan Slamet Riyadi, Surakarta, pada 1 Januari 1913. Kala itu gedung museum merupakan rumah kediaman seorang warga Belanda bernama Johannes Busselaar.

Museum memiliki koleksi yang terdiri dari berbagai macam arca, pusaka adat, wayang kulit dan buku dan naskah kuno.

Koleksi buku kuno yang banyak dicari itu di antaranya mengenai Wulang Reh karangan Pakubuwono IV yang isinya antara lain mengenai petunjuk pemerintahan dan Serat Rama karangan Pujangga Keraton Surakarta bernama Yasadipuro I yang menceritakan tentang Wiracarita Ramayana.

Baca Juga :
Miliki Situs Sejarah Yang Diakui UNESCO, Menparekraf Harap Desa Wisata Sangiran Jadi Desa Mandiri

Artikel Terkait