Gunakan Ojeg Online, 6 Ton Apem Yaqowiyyu Kiai Ageng Gribig Dibagikan ke Masyarakat

25 September 2021, 00:21 WIB

SKALA.ID – Grebeg Apem Yaaqowiyyu Kiai Ageng Gribig di Jatinom Klaten kembali digelar. Namun kondisinya berbeda, karena dilaksanakan secara terbatas. Tidak seperti tahun-tahun sebelum pandemi Covid 19 yang dihadiri ribuan masyarakat.

Hadir dalam tradisi yang sudah berusia lebih dari 400 tahun ini, Gubernur , Ganjar Pranowo dan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Jumat (24/9/2021).

Usai Salat Jumat, Ganjar, Airlangga dengan ditemani sejumlah ahli waris berziarah ke makam Kiai Ageng dan berdoa bersama.

Selanjutnya acara dipersingkat dengan membagikan apem hanya secara simbolis. Selanjutny dengan melibatkan mereka membagikan apem dengan berkeliling kampung. Sehingga tidak memicu kerumunan.

“Meski suasananya berbeda (pandemi Covid), patut diapresiasi karena masyarakat tetap melaksanakan. Karena ini cerita budaya dan religi peninggalan mbah Gribig,” ucap Ganjar.

Sementara itu, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto yang merupakan leluhurnya berasal dari Klaten ini menambahkan tradisi Yaa Qowiyyu merupakan tradisi bagi-bagi apem yang dilakukan sejak Kyai Ageng Gribig sejak 400 tahun.

Airlangga sendiri diketahui masih keturunan anak cucu Kiai Ageng Gribig. Dirinya mengingat pesan turun temurun dari leluhurnya terkait konsep berbagi.

Acara ini tiap tahun rutin digelar, namun sejak pandemi, perintah memberlakukan PPKM maka kegiatan dikemas berbeda. Dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Pembagian apem melibatkan puluhan driver ojol. Usai prosesi doa di kompleks makam utama, sebanyak 6 ton kue apem yang dikemas dalam kotak makanan diserahkan kepada pengendara ojol.

Selanjutnya, puluhan pengendara ojol yang telah membawa paket kue apem Yaqowiyyu dilepas oleh Menteri Koordinadinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto yang hadir didampingi di Gubernur , Ganjar Pranowo.

“Kita gandeng mengajak ojek online untuk membagikan kepada masyarakat,” pungkasnya.****

Artikel Terkait