Kue Unik Khas Pulau Parang Ini Sukses Bikin Gubernur Ganjar Pemasaran, Enak dan Gurih.

Ganjar Pranowo nikmati kuliner unik khas pulau Parang,Karimun Jawa/dok. humas Pemprov Jateng

11 Februari 2022, 21:47 WIB

SKALA.ID– Saat melakukan kunjungan kerja di Pulau Parang, kecamatan beberapa waktu lalu, Gubernur Jawa Tengah, Pranowo dibuat penasaran dengan kuliner khas daerah setempat.Saat itu orang nomor satu di Jawa Tengah itu disuguhkan kue berwarna kuning dan diatasnya ditaburi muda. Masyarakat menyebut kue itu Pong Blosok.

“Gaes, ini ada makanan khas Pulau Parang. Namanya apa tadi Bu? Pong Blosok. Dibuat dari apa ini dan cara membuatnya gimana,” tanya pada ibu-ibu di sana seperti dilansir dari laman Jatengprov.go.id, Jumat (11/2/2022).

Menko Marves Meminta Gubernur Edukasi Masyarakat Terkait Karakter Omicron

Selanjutnya mendapatkan penjelasan dari salah satu perangkat desa setempat. Terkait proses pembuatan makanan bernama unik ini. 

Dijelaskan jika kue tersebut berbahan singkong bosok, yakni singkong yang di busukkan. Kemudian saripatinya diambil, dibersihkan dengan air terus menerus sampai jernih kemudian diolah.

“Ternyata ini bahannya singkong yang dibusukkan, kemudian diambil saripatinya diperas dan dicuci sampai bersih. Aku ora ngerti, (tidak tahu) apakah di dalamnya masih ada gizinya atau tidak,” candanya. 

Desa Wisata Kemuning ‘Puncaknya’ Karanganyar, Sukses Kembangkan Potensi Alam

Sebelum mencoba makanan ‘asing’ itu, Ganjar mengaku tergelitik ingin tahu mengapa penamaan makanan itu Pong Blosok, bukan Pong Bosok. Sayang tidak satupun warga di situ yang mengetahui alasannya. Mereka mengatakan memang itu nama makanan itu sejak dulu. 

Berseleroh, Ganjar mengarang alasan versinya sendiri, “Atau mungkin dulu yang ngomong anak kecil ya, jadi bukannya Bosok tapi Blosok.” 

“Ini enak ya, rasanya gurih. Ada kelapanya. Bikin ketagihan. Tapi ini bisa buat gemuk nggak ya kira-kira,” pungkasnya.***

Artikel Terkait