Gubernur Ganjar Minta Pemerintah Daerah Hidupkan Kembali Lokasi Isoter

Gubernur Ganjar minta kepala daerah kembali hidupkan lokasi isoter/humas pemprov Jateng

16 Februari 2022, 20:06 WIB

SKALA. ID – Gubernur mengecek tempat isolasi terpusat di rumah dinas Wali Kota Semarang dan RSUD Tugurejo Semarang.

Ganjar juga memantau persiapan rumah sakit (RS) dan tempat isolasi terpusat () di tengah meningkatnya kasus -19. Salah satu rumah sakit, RS Tugurejo tingkat keterisian sudah 59 persen.

“Saya lihat semuanya sudah siap, termasuk penambahan seandainya nanti terjadi peningkatan. Maka kita semua harus siaga dan siap dengan skenario mengembalikan seperti saat Delta dulu,” ujar Ganjar, Rabu 16 Februri 2022.

Pemkab Sukoharjo Siapkan Dua Lokasi Isoter, Antisipasi Lonjakan Covid 19

Ganjar juga sampaikan saat ini situasi penanganan pasien Corona masih aman dengan tingkat Bed Occupancy Rate (BOR) di Jateng sekitar 30 persen. Kondisi tersebut masih belum termasuk penambahan tempat tidur seperti saat varian Delta merebak.

“Tapi BOR hari ini beda dengan dulu lho, kalau dulu kan sudah ada penambahan, kalau sekarang dikembalikan ke umum lagi dan BOR-nya masih 30 persen. Tapi itu sudah harus diantisipasi, karena kalau sudah pada angka 50 persen, maka kita harus siap-siap menggeser perawatan umum untuk cadangan pasien ,” bebernya. 

Videonya Terkait Covid Varian Omicron Viral, Bupati Karanganyar : Untuk Semangati Warga

Ganjar juga menyebut, akan menambah isolasi terpusat (Isoter) di gedung BPSDM di Srondol, Kota Semarang. Para kepala daerah di Jateng juga diminta mempersiapkan isolasi terpusat untuk berjaga-jaga.

“Beberapa rumah sakit darurat juga akan kita ON-kan lagi, termasuk isolasi terpusat. Kabupaten/kota mereka juga punya sendiri-sendiri tempat isolasi terpusat, jadi semua saya minta dihidupkan lagi. Insyaallah kita siap,” tandasnya.***

Artikel Terkait