Gibran Dapat Gelar Dari Keraton, Ini Arti Nama Bangsawan yang Disandang Putra Presiden Jokowi

20 September 2021, 15:43 WIB

SKALA.ID – Gunakan seragam Satpol PP, Walikota Solo, Gibran Raka Buming Raka mendadak mendapatkan gelar kehormatan dari Kraton Kasunanan Surakarta.

Gibran mendapatkan gelar Kanjeng Pangeran Gibran Rakabuming Widuranagara. Pemberian gelar dilaksanakan di bangsal Parasdyo oleh .

Gibran mengaku sangat berterima kasih dengan gelar yang diberikan pihak Kraton Solo. Namun dirinya juga terkejut karena acara mendadak. Apalagi dirinya merasa salah kostum saat menerima penghargaan.

Baca Juga: Gibran Rakabuming Raka Terima Gelar Kanjeng Pangeran dari Keraton Kasunanan Surakarta

“Terima kasih, ini suatu kehormatan bagi saya. Kaget pastinya karena mendadak dan tidak direncanakan. Saya saja salah kostum,” jelasnya, Senin 20 September 2021.

Dengan pemberian gelar sebagai Kanjeng Pangeran Gibran Rakabuming Widuranagara. Gibran sendiri mengaku belum mengetahui banyak terkait arti dari nama tersebut.

“Untuk lebih jelasnya tanya Gusti Dipo,” pesannya.

Baca Juga: Kompak! Nadiem dan Gibran Angkat Meja Kala Pantau PTM di Solo

Sementara itu Pengageng Parentah Keraton Surakarta, KGPH Dipokusumo yang akrab dipanggil Gusti Dipo menambahkan, alasan Keraton memberikan pada Walikota Solo dikarenakan Keraton menilai putra sulung Presiden Jokowi itu dinilai berjasa terhadap Kota Solo.

Menurut Dipo, Keraton memiliki tata cara adat tradisi siapa saja yang dinilai memiliki pengaruh atau jasa bisa dianugrahi gelar dari Kraton Solo.

“Walikota Solo Solo juga seperti itu, karena memiliki pengaruh di kota Solo. Gelar juga diberikan langsung oleh Sinuhun PB XIII,” imbuhnya.

Baca Juga: Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka Didampingi Jamal Wiwoho Tinjau PTM Terbatas di UNS

Terkait nama tersebut, Gusti Dipo menjelaskan jika nama Widura memiliki arti panutan.

“Semoga nama Widura yang berarti panutan bisa melekat dan bisa mengayomi masyarakat,” pungkasnya. (Ian) ***

Artikel Terkait