Gedung Kavallerie-Artillerie Pura Mangkunegaran, Ingatkan Kejayaan Pasukan Legiun Mangkunegaran

Gedung Kavallerie-Artillerie, sejarah kejayaan masa lampau yang terus terjaga/foto istimewa /pariwisata kota Solo

31 Maret 2022, 17:32 WIB

SKALA.ID – Bagian depan terdapat sebuah bangunan bercat putih, besar nan megah menyerupai pintu masuk benteng. Bangunan tersebut dikenal dengan Gedung Kavallerie-Artillerie.

Lokasi gedung ini berada di kompleks atau tepatnya berada di sebelah timur tanah lapang yang luas yang berada di depan, sebelum masuk ke halaman dalam

Keberadaan Gedung Kavallerie-Artillerie mengingatkan masa lampau pada masa kekuasaan KGPAA Mangkunagoro I (Raden Mas Said) yang memiliki pasukan yang kuat sehingga beliau memberi nama sebagai pasukan Sambernyawa.

Setelah KGPAA Mangkunagoro I wafat, pasukan tersebut dikembangkan oleh KGPAA Mangkunagoro II pasukan tersebut dengan nama sebagai Legiun Mangkunegaran.

Wali Kota Gibran Bertemu KGPAA Mangkunegara X Gunakan Batik Karya GPH Paundrakarna

Gedung Kavalerrie-Artillerie didirikan pada tahun 1853 dan selesai dibangun pada tahun 1874 tepat pada masa pemerintahaan KGPAA Mangkunagoro IV.

Fungsi gedung Kavalerrie-Artillerie dulunya sebagai markas Legiun Mangkunegaran, serta Pamedan sebagai lapangan untuk latihan para pasukan Legiun Mangkunegaran.

Sebagai bangunan cagar budaya, gedung tersebut telah mendunia karena pernah dipakai sebgai latar dalam pergelaran Solo International Performing Art tahun 2010 sampai dengan 2012, dan Solo International Ethnic Music dengan pencahayaan yang spektakuler.***

Artikel Terkait