Gajah, Mamalia Terbesar Sejak Era Purba Hingga Era Milenial

Gajah, Mamalia Terbesar Sejak Era Purba Hingga Era Milinia. Gajah, salah satu hewan yang telah ada sejak era purbakala

23 Februari 2022, 23:00 WIB

SKALA.ID, Mamalia terbesar sejak era Purba Hingga Era . , salah satu hewan yang telah ada sejak era purbakala. Binatang ini identik dengan hewan berukuran besar dengan telinga yang lebar dan gading yang panjang. Namun, tahukah kamu bila yang hidup di jaman ini, berbeda dengan yang hidup di era purbakala.

Diperkirakan ada sekitar 350 spesies gajah di bumi. Dari jumlah itu, banyak yang punah. Kecuali gajah Afrika dan Asia. Sayang banget, ya?

Dari spesies yang telah punah itu, ada beberapa gajah purba yang memiliki wujud unik dan berbeda dengan gajah yang kita kenal sekarang, lho! Mau tahu selengkapnya?

Hindari Risiko Bencana Krakatau, Hewan Rencananya Species Ini Dipindah ke Wilayah Taman Nasional Halimun

Deinotherium
Deinotherium Gajah Purba (Foto: Wikipeda)

1.Deinotherium

Gajah ini bisa ditemukan di hutan di Afrika dan Eurasia dan hidup pada era Miosen Tengah hingga Modern, terang laman ThoughtCo. Mereka hidup pada 10 juta hingga 10.000 tahun lalu. Kalau biasanya gading gajah melengkung ke atas, berbeda dengan Deinotherium. Gading gajah ini justru melengkung ke arah bawah dan cenderung pendek.

Deinotherium punya ukuran yang lebih besar. Panjangnya mencapai 16 kaki (4,87 meter) dan berat antara 4-5 ton. Semula, para ilmuwan pun bingung dengan gadingnya yang unik ini.

American Mastodon
American Mastodon (Foto: Wikipedia)

2. American Mastodon

American Mastodon dulunya menghuni benua Amerika. Habitatnya tersebar luas dari Amerika Utara, mulai dari Alaska, pesisir timur Amerika Serikat hingga Meksiko.

Tinggi gajah betina ialah 7 kaki (2,1 meter) dan jantan 10 kaki (3 meter). Beratnya bisa mencapai 6 ton, panjangnya mencapai 4,5 meter dan gadingnya memiliki panjang 2 meter, ujar Canadian Museum of Nature.

Diperkirakan, mereka hidup di era Paleogen, sekitar 30 juta tahun lalu, ungkap laman ThoughtCo. Sekarang, kamu hanya bisa melihat kerangkanya saja

Benarkah Dulunya Lokasi Borobudur Merupakan Danau Purba

Amebelodon
Amebelodon (Foto: Wikipedia)

3. Amebelodon

Gajah Amebelodon hidup di era Miosen Akhir, antara 10 juta hingga 6 juta tahun yang lalu. Panjangnya sekitar 6-10 kaki (2-3 meter) dan memiliki berat 1-2 ton.

Sama seperti spesies gajah purba lain, Amebelodon adalah hewan herbivora dan memakan tanaman untuk bertahan hidup.

Ciri khas paling menonjol dari Amebelodon adalah gading bagian bawah yang berbentuk seperti sekop. Dua gading ini bentuknya rata, pipih dan berdekatan.

Fungsinya adalah untuk menggali tanah dan mengikis kulit batang pohon, ungkap laman ThoughtCo. Habitatnya ialah di wilayah semi-akuatik dan rawa-rawa di Amerika Utara.

Mammoth berbulu
Mammoth berbulu (Foto: Wikipedia)

4. Mammoth berbulu

Mammoth berbulu terakhir terlihat pada 4.000 tahun lalu di sebuah pulau terpencil di Samudra Arktik. Manusia memang pernah hidup berdampingan dengan mammoth.

Sayangnya, sekarang kita hanya bisa menjumpai fosilnya saja di museum serta tayangan film animasi Ice Age.***

Artikel Terkait