Festival Budaya Jawa Surakarta Digelar di Ndalem Purwohamijayan

9 Oktober 2021, 18:01 WIB

SKALA. ID Kebudayaan Jawa Kita digelar di Ndalem Purwohamijayan Karaton Kasunanan .

dalam rangka mendukung kegiatan pendukung Solo Great Sale 2021 dan sekaligus peringatan HUT TNI ke-76.

Teguh Parkosa usai pembukaan mengatakan Kota Surakarta merupakan pusat peradaban dan perkembangan budaya Jawa yang telah mendapatkan pengakuan dari UNESCO.

Baca Juga: Rilis, Ini Spesifikasi-Harga HP Omen 16 Bagi Para Gamer

Karaton Surakarta, Pura Mangkunegaran dan berbagai tradisi di masyarakat Surakarta yang samaoi saat ini masih dilestarikan, merupakan bukti bahwa budaya Jawa masih relevan untuk memdung pembangunan daerah dan bangsa.

“Pembangunan karakter masyarakat Kota Solo menyumbang kelestarian Budaya Jawa pada era globalisasi dan digitalisasi saat ini,” jelas Teguh Sabtu (9/10).

Pemerintah Kota Surakarta memberikan penghargaan atas segala inovasi dan kreasi termasuk dalam ranah pelestarian Kebudayan Jawa sekaligus dalam rangka promosi potensi budaya pada masyarakat dan daerah luas.

Baca Juga: Menparekraf Dan Walikota Gibran Sepakat Dorong Ekraf dan Kesenian Untuk Pemulihan Ekonomi

Kantong – kantong budaya dan seni harus ada di setiap wilayah Kota Surakarta untuk mendukung Kota Surakarta sebagai Kota Budaya.

Dengan hidup dan berkembangnya kantong – kwnting seni, akan memperkuat kepribadian dan budaya asli Jawa masyarakat Kota Surakarta.

Penyelengaraan Kebudayaan Jawa menurut Teguh sudah sesuai tempatnya, berada di lingkungan karaton. Disebutkan, rumah atau ndalem seperti Purwohamijayan masih banyak dan tinggal memilih yang masih terawat dengan baik untuk dimanfaatkan.

Baca Juga: Chanyeol EXO Terpilih Sebagai Tokoh Utama Drama Musikal Militer The Meisa’s Song

“Nguri – uri Budaya Jawa yang benar – benar tidak hanya untuk masyarakat kita namun bisa dinikmati masyarakat selain Jawa dan masyarakat internasional. Event- even serupa harusnya terus digelar meskipun masih dalam masa pandemi,” pungkasnya.

Festival juga diisi dengan Prosesi adat pengantin Jawa Surakarta, peragaan pakaian adat Jawa, penampilan barisan Prajurit Karaton Kasunanan Surakarta, dan berbagai gelar tari akan ditampilkan hingga 10 Oktober mendatang.

Festival Kebudayaan Jawa yang berlangsung selama dua hari Dalem Purwohamijayan yang dulunya bernama Purwodiningratan dikuti oleh berbagai kelompok seni.****

Artikel Terkait