Empat Candi Ini Resmi Ditetapkan Sebagai Tempat Peribadatan Dunia

Empat Candi Ini Resmi Ditetapkan Sebagai Tempat Peribadatan Dunia

14 Februari 2022, 18:04 WIB

SKALA.ID – Ada 3 candi yang berada di Jawa Tengah dan 1 candi di kawasan Daerah Istimewa (DIY), ditetapkan sebagai tempat peribadatan tingkat dunia.

Masing-masing adalah Candi Borobudur, Candi Pawon dan Candi di Jateng sebagai tempat peribadatan umat Buddha. Dan satu  Candi Prambanan di Daerah Istimewa sebagai tempat peribadatan umat .

Penandatanganan Nota Kesepakatan (MoU) terkait pemanfaatan keempat candi tersebut, telah dilakukan bersama Kementerian Agama, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Kementerian BUMN, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta Pemprov DIY dan Pemprov Jateng secara daring dan luring.

Jangan Khawatir Nomor Telkomsel Hangus/Expired, Bisa Aktif Lagi dengan Cara Ini 

Dilansir dari laman jatengprov.go.id, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo sampaikan, telah disepakati ada beberapa ruang yang ada di Borobudur, Prambanan, dan dua candi lain (Pawon dan ) akan dipakai untuk tempat ibadah, khususnya bagi umat Hindu dan Buddha.

Pemanfaatan itu juga sudah menjadi impian Ganjar dan umat Hindu-Buddha sejak lama. Bahkan pernah disampaikan langsung kepada mantan Wakil Presiden Budiono yang waktu itu berkunjung ke Borobudur, tepatnya saat perayaan Waisak. 

“Ini impian sejak lama dan secara formal semua sepakat merealisasikan,” ungkap Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Sabtu (12/2/2022) lalu. 

Hadapi Tim Kuat Persib, PSIS Ingin Formasi Laskar Mahesa Jenar Komplit, Dragan: Semoga Test PCR Negatif

Ganjar sebut pemanfaatan keempat candi itu untuk kepentingan agama merupakan wujud nyata nilai Pancasila, yaitu Berketuhanan Yang Maha Esa. 

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, juga menyampaikan bahwa menurutnya pemanfaatan candi untuk kepentingan agama merupakan wujud semangat Bhineka Tunggal Ika, serta moderasi keberagaman, kohesi sosial dan kerukunan umat beragama di Indonesia. 

Gojek, Nikmati Diskon Khusus Bulan Februari 2022 Diskon GoRide, GoCar, GoSend Yuk Simak Caranya

“Dengan ini tentu akan berfokus pada nilai sosial. Tidak hanya melihat keindahan candi tetapi juga kegiatan yang dilakukan umat Hindu-Buddha,” tuturnya. 

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menambahkan, Candi Prambanan dan Candi Borobudur memiliki spirit yang luar biasa. 

“Candi tidak hanya dimaknai pada komersialisasi yang terpusat pada monumen tetapi juga sosial. Harapannya menjadikan Candi Prambanan dan Candi Borobudur seperti Ka’bah,” pungkasnya. ***

Artikel Terkait