Dua Mantan Pegawai Suaka Margasatwa Singapura Didakwa Lakukan Korupsi Hingga S$2,4 Juta

Pemilik dan direktur perusahaan-perusahaan itu juga didakwa atas dugaan peran mereka dalam menyuap Chong

10 September 2021, 14:06 WIB

SKALA.ID – Seorang mantan pegawai Wildlife Reserves Singapore (WRS) didakwa di pengadilan pada Jumat (10 September) dengan 107 tuduhan yang melibatkan lebih dari S$2,4 juta.

Chong Peng Wee Barry, juga dikenal sebagai Danial Chong, diduga menerima suap dari beberapa orang selama 11 tahun, dari 2005 hingga 2016.

Ini sebagai imbalan untuk “memajukan kepentingan bisnis berbagai perusahaan dengan WRS”, kata Biro Investigasi Praktik (CPIB) dalam rilis media.

Baca Juga: Maskapai Qatar Airline Penerbangan Penumpang Pertama Berangkat dari Afghanistan sejak penarikan AS

Chong, 54, juga dituduh menggunakan suap sekitar S$15.900 untuk membeli jam tangan Rolex pada 2013.

Dia menghadapi satu dakwaan berdasarkan Undang-Undang , Perdagangan Narkoba, dan Kejahatan Serius Lainnya (Penyitaan Manfaat) atas dugaan pelanggaran tersebut.

Mantan rekannya di WRS Chin Fong Yi juga didakwa pada hari Jumat sehubungan dengan dugaan kejahatannya.

Baca Juga: Qatar Airline Mendarat Selamat di Doha Sejak Penerbangan Perdana Dari Afganistan

Chin, 44, dituduh menerima lebih dari S$50.000 selama lima tahun dan dompet Chanel dari dua pria yang terkait dengan perusahaan konstruksi Shin Yong Construction.

Chin diduga menerima suap karena tidak melaporkan bahwa perusahaan konstruksi itu menyuap Chong dan karena “melakukan kelonggaran dalam pengawasan pekerjaan yang dilakukan” oleh perusahaan tersebut, kata CPIB.

Dia menghadapi 16 dakwaan lain karena menggunakan lebih dari S$33.000 dari uang yang dia terima dari keduanya untuk membeli tas, sepatu, dan perhiasan bermerek.

Artikel Terkait