Ditreskrimsus Polda Jatim Bongkar Penjualan Tabung Oksigen Palsu di Surabaya

Pelaku merubah warna cat yang semula warna merah digosok menjadi warna putih. Kemudian isi dikeluarkan dan dipasang regulator serta diisi oksigen yang sangat membahayakan

18 Agustus 2021, 16:43 WIB

SURABAYA – Bongkar penjualan tabung , Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) amankan satu orang berinisial NW, warga Simomulyo, Surabaya.

Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta menjelaskan, penangkapan pelaku berawal dari laporan masyarakat. Dimana WD (korban) curiga tabung oksigen yang dibelinya lewat media sosial diduga palsu.

Kronologis kejadian saat itu WD sedang membutuhkan tabung oksigen untuk ayahnya yang sakit. Kejadian pada 27 Juli 2021 lalu. Kemudian korban membeli 2 tabung oksigen berukuran 1 meter kubik seharga Rp 4 juta beserta regulatornya melalui media sosial.

“Pelaku memasarkan dagangannya melalui media sosial,” jelas Kapolda, Rabu 18 Agustus 2021.

Modus operandinya bahwa tabung apar dimodifikasi yang kemudian menjadi tabung oksigen yang dijual kepada masyarakat seharga Rp 4 juta.

Sayang, usai korban membeli tabung dan dipergunakan oleh orang tuannya justru kondisi kesehatan orang tua korban makin memburuk. Korban mulai curiga karena tabung itu mempunyai warna dasar merah, dan bentuknya sama persis dengan tabung alat pemadam api ringan (apar).

“Curiga dengan kondisi tabung, akhirnya korban melaporkan kejadian itu pada ,” lanjut Kapolda.

Artikel Terkait