Dirut PUDAM Tirta Lawu Ingatkan Untuk Jauhi Sifat Adigang, Adigung, Adiguna

Peserta safari ramadam Pudam Tirta Lawu di kantor unit Kerjo membludak, setelah puluhan warga sekitar juga hadir di acara tersebut

18 April 2022, 22:58 WIB

SKALA.ID – Program safari ramadan Karanganyar sebagai program keakraban di tingkat Kantor Cabang Perusda Air Minum tersebut masih berlanjut. Kali ini, safari ramadan berkunjung Unit Kantor Cabang Wilayah Kecamatan Kerjo.

Safari ramadan yang dilakukan dengan buka bersama dan dilanjutkan dengan sholat taraweh berjamaah ini berlangsung meriah. Peserta yang berasal seluruh karyawan kantor cabang serta jajaran direksi PUDAM Tirta Lawu tampak luber, setelah puluhan masyarakat sekitar juga hadir dalam acara tersebut.

Dalam kesempatan itu, Dirut PUDAM Tirta Lawu mengingatkan agar dalam kehidupan sehari-hari tidak sombong dan selalu mawas diri. Sifat sombong dalam falsafah Jawa digambarkan sebagai watak adigang, adigung, adiguna.

“Kepada semua pegawai PDAM, tinggalkan watak adigang, adigung, adiguna. Kesombongan seseorang diibaratkan seperti sifat gajah yang mengandalkan kekuatannya (adigung), sifat ular yang mengandalkan bisanya (adigang), dan sifat kijang yang mengandalkan kemampuan melompatnya (adiguna),” urai dalam siraman rohani secara singkat di sela kegiatan, Minggu (17/04/2022) kemarin.

Berkah Ramadhan, Omzet Agen Es Kristal PUDAM Tirta Lawu Karanganyar Meningkat, Perbulan Omzet Rp 90 Juta

Selain itu, juga mengingatkan agar masyarakat tidak membandingkan antara satu dengan yang lain. Falsafah Jawa yakni Wang Sinawang dalam kehidupan sehari-hari dimaknai sebagai bukan sebagai perbandingan.

”Hidup itu kalau orang Jawa menyebutnya Wang sinawang. Tapi kalau kita membandingkan dengan yang lainnya, kurang pas. Misalnya tingkat kebahagiaan orang itu tidak sama dengan kebahagiaan orang lain. Demikian juga soal rejeki, karena rejeki tidak harus uang,” tekannya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, antara rejeki dan gaji adalah berbeda. ”Kalau gaji itu yang setiap bulan kita dapatkan setelah bekerja, ditandai dengan struk gaji. Kita diberi badan sehat itu rejeki, kita diberi amanah juga rejeki. Dan Allah telah menjamin rejeki dan tidak pernah tertukar kalau memang sudah tidak waktunya,” tandasnya.

Dirut PUDAM Tirta Lawu mengaku sangat senang bdapat bersilaturahmi dengan warga Sumberejo, Kerjo, melalui program safari ramadan kali ini. Hadir pula dalam kegiatan tersebut Kepala Unit Kecamatan Jenawi, Kepala Unit Karangpandan, sementara Kepala Unit Mojogedang ijin sakit.****

Artikel Terkait