Desa Wisata Seputaran Sirkuit Mandalika, Tujuan Wisata Lain Setelah Nonton MotoGP

Desa wisata Banyumulek, sentra gerabah di Lombok/sumber ig santikamataramlombok

4 Maret 2022, 23:20 WIB

SKALA.ID – Gelaran event MotoGP 2022 di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat menarik animo wisatawan tidak hanya dari dalam dan luar negeri saja. Even berskala international ini pastinya dibanjiri peserta dari berbagai negara.

Potensi wisata di kawasan Lombok Nusa Tenggara Barat juga menjadi tujuan wisata selain untuk melepas penat. Dirangkum dari berbagai sumber ini lokasi desa wisata yang sayang untuk dilewatkan.

  1. Desa Wisata Karang Pule

Desa Wisata Karang Pule ini dikenal sebagai sentra pengrajin mutiara. Di desa ini wisatawan bisa melihat secara langsung proses dari awal pengolahan mutiara. Bagaimana cara pengambilan mutiara dari cangkang hingga selanjutnya diproses menjadi perhiasan berharga fantastis.

Wisatawan menempuh jarak sekitar 40 menit dari Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) (33km) dan 32 menit (22km) dari Pelabuhan Lembar dengan menggunakan kendaraan pribadi.
Lokasi desa wisata ini berada di kawasan Sekarbela, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

2. Desa Wisata Gili Gede Indah

Bagi mereka yang berjiwa petualang bisa menyaksikan keindahan bawah laut di Desa Wisata Bahari Gili Gede Indah. Spot ini menjadi favorit para wisatawan dalam dan luar negeri. Lokasinya di Sekotong, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

Disana juga terdapat juga pulau-pulau kecil yang bisa dikunjungi seperti Gili Asahan, Gili Rengit, Gili Layar, dan Gili Anyaran. Desa ini memiliki fasilitas yang memadai seperti akomodasi, pusat informasi, warung-warung kecil, toilet, camping ground, pusat kesehatan, dan lain-lain untuk memudahkan para wisatawan.

Untuk mencapai lokasi ini waktu tempuh selama 1 jam 37 menit (67 km) dari Bandara Internasional Zainuddin Abdul Majid atau 46 menit dari Pelabuhan Lembar dengan menggunakan kendaraan pribadi.

3. Desa Wisata Labuan Buwun Mas

Desa Wisata Labuan Buwun Mas ini memiliki bukit dan padang savana yang sangat indah. Berlatar belakang pantai dan perbukitan. Lokasi berada Sekotong, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat

Untuk menuju ke desa tersebut, kamu perlu menempuh perjalanan selama 1 jam 24 menit (48 km) dari Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) dengan kendaraan pribadi dan jalan yang memadai.

4. Desa Wisata Labuhan Pelangan

Desa ini merupakan desa wisata yang menawarkan wisata bahari dengan dua pantai yaitu Pantai Mekaki dan Pantai Selindungan. Disana juga terdapat air terjun dan perbukitan yang dapat memanjakan mata. Lokasi, di Sekotong, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat

Desa Wisata Labuhan Pelangan dapat kamu tempuh selama 59 menit (41 km) perjalanan dengan kendaraan dari Pelabuhan Lembar dan 1 jam 35 menit (72 km) dari Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM).

5.Desa Wisata Banyumulek

Desa wisata ini dikenal merupakan salah satu penghasil kerajinan gerabah terbesar yang ada di Lombok. Selain itu, desa ini juga terkenal dengan wisata religinya karena disana terdapat masjid unik yang bernama “Masjid Kembar Menara Tunggal”. Lokasi Kediri, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat

Dari Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM), akan menempuh jarak sejauh 25,4 km dengan waktu tempuh sekitar 29 menit. Atau 20 menit dari Pelabuhan Lembar. Akses untuk menuju ke Desa Wisata Banyumulek sudah sangat bagus dan kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi untuk sampai disini.***

Artikel Terkait