Desa Gempolan, Kerjo Siapkan Diri Jadi Pusat Agrowisata

FGD siapkan desa Gempolan jadi pusat agrowisata

5 Maret 2022, 16:15 WIB

SKALA.ID – Sukses menggelar awal Februari lalu, desa Gempolan Kerjo siap jadi menjadi Pusat . Salah satunya wisata durian, karena durian memang menjadi potensi di desa Gempolan.

Pasalnya mayoritas warga memiliki pohon durian baik itu yang ditanam di pekarangan maupun kebun. Jenisnya juga beragam, ada mentega, ketan, petruk, sukun.

Untuk itu pihak desa berupaya mengangkat perekonomian warga sekitar, dan Gempolan sebagai sentra durian dapat lebih dikenal lagi oleh masyarakat luas.

Sosialisasi Empat Pilar Secara Virtual, Dolfi Tekanan Gotong Royong Atasi Pandemi Covid-19

Doni Prabowo Ketua Riset Desa Gempolan melalui Tim Riset Lembaga Jiwa Desa, telah melakukan riset sebelumnya untuk mengetahui sejarah awal dan potensi
desa Gempolan.

“Hampir 1,5 bulan kami melakukan iiset melalui Tim Riset Lembaga Jiwa Desa,” ucap Doni Prabowo, Ketua Riset Desa Gempolan, Sabtu 5 Maret 2022.

Mendukung perencanaan desa Desa Gempolan menjadi Pusat komponen masyarakat desa Gempolan baik perangkat desa, Gapoktan, Pokdarwis, Bumdes, Karang Taruna, BPD dan sesepuh desa gelar Focus Group Discussion (FGD).

Sambangi Desa di Lereng Gunung Lawu, Dolfi Gandeng Bank Indonesia Beri Pelaku UMKM Produktif Potensial Di Karanganyar

“Tujuannya untuk menentukan akar sejarah desa Gempolan sebagai identitas diri dengan memunculkan nama desa Gempolan,” paparnya.

Doni menjelaskan, desa Gempolan di ambil dari nama pohon yang banyak tumbuh di dusun Gempolan yakni Pohon Gempo. Keberadaan desa Gempolan sendiri terikat dengan sejarah panjang wilayah Praja Mangkunegaran dengan Raden Mas Said atau Pangeran Sambernyawa yang juga merupakan Mangkunegoro I.

Artikel Terkait