Cuaca Buruk Pencarian Dihentikan, Begini Kesaksian Korban Selamat Sebelum Longsor Talud Kali Siwaluh Karanganyar Menimpa Sastro Setu

16 November 2021, 20:24 WIB

SKALA.ID – Evakuasi pencarian Sastro Setu, korban tertimbun bangunan talud yang longsor di , Tegalgede, kembali dihentikan tim gabungan relawan, Selasa 16 November 2021.

Meski telah melibatkan banyak relawan, mulai dari TNI, Polri, , BPBD, SAR serta elemen relawan lainnya, keberadaan Sastro Setu warga Melikan Rt 05 Rw 06 Kelurahan Popongan Kecamatan Karanganyar kota, Kabupaten Karanganyar, belum juga ditemukan.

Tim evakuasi gabungan hanya menemukan sandal, ceret dan linggis di lokasi dimana Sastro Setu dikabarkan tertimbun bangunan talud yang tengah dikerjakan.

Baca Juga: Mbah Sastro Setu Korban Tertimbun Longsoran Talud Kali Siwaluh Belum Ditemukan, Anggota TNI Mulai Diterjunkan

Salah satu saksi yang saat itu tengah bekerja bersama Sastro Setu, Doni Setiawan (28) mengatakan sebelum longsor talud terjadi, dirinya bersama korban dan pekerja lainnya turun ke bawah untuk memulai membuat pondasi cakar ayam talud yang baru. Satu pekerja lagi berada diatas yang bertugas menurunkan batang besi.

“Ada lima orang yang turun ke bawah termasuk Mbah Sastro Setu. Satu lagi tidak turun ada diatas,”ungkap Doni baru-baru ini.

Awalnya, pekerjaan lancar. Semua bekerja seperti yang sudah direncanakan. Korban, ungkap Doni, saat itu terlihat tengah menggali lobang untuk membuat pondasi dengan linggis.

Baca Juga: Satu Keluarga Tertimbun Tanah Longsor di Luwu, Berhasil Dievakuasi

Hingga pukul 10.00 WIB pekerjaan lancar tak ada kendala apapun. Baru, sekira pukul 11.00 WIB, empat pekerja lainnya melihat ada guguran tanah diikuti badan talud yang ambrol.

Melihat guguran tanah diikuti material badan talud, para pekerja lainnya berteriak untuk segera meninggalkan lokasi pekerjaan. Namun sayang teriakan itu tak didengar korban.

Korban masih terlihat asik terus menggali. Dan tak lama kemudian, diikuti bangunan talud itupun ambrol dan menimpa korban.

Baca Juga: Inallilahi…Pasang Jaringan Listrik Baru, Petugas BTL Meninggal Diduga Tersengat Listrik
Baca Juga: Talud Ambrol di Karanganyar, Satu Orang Pekerja Tertimbun

“Kejadiannya cepat sekali. Dari atas terlihat ada longsoran, semua berteriak agar cepat menghindar. Tapi Mbah Sastro tak mendengar teriakkan dan tetap bekerja,”cerita Doni.

Artikel Terkait