15+ Contoh Teks Prosedur Sederhana, Singkat, dan Strukturnya

 

Skala.id – Contoh Teks Prosedur akan sangat dibutuhkan bagi kamu yang saat ini sedang mencari tips untuk menyusun teks prosedur. Sebenarnya ada banyak sekali contoh teks prosedur yang tersedia di internet namun kamu juga bisa membaca contoh teks prosedur di artikel ini.

Saat kamu membeli sesuatu seperti makanan ataupun Skin Care Kamu mungkin akan membaca terlebih dahulu petunjuk penggunaan. Tujuannya adalah agar kamu bisa menggunakan atau mengkonsumsi barang yang kamu beli dengan tepat.

 

Teks prosedur harus disusun dengan hati-hati agar pembaca bisa mudah memahami isi yang disampaikan dalam instruksi tersebut. Lalu apakah teks prosedur itu dan bagaimana cara menyusunnya? Baca terus artikel contoh teks prosedur ini sampai akhir.

Penjelasan Tentang Teks Prosedur Dan Fungsinya

Penjelasan Tentang Teks Prosedur Dan Fungsinya

Teks prosedur merupakan serangkaian teks yang disusun untuk memberikan instruksi atau petunjuk penggunaan barang. Umumnya bisa ditemukan di berbagai media seperti petunjuk penyajian makanan atau petunjuk penggunaan barang.

Teks prosedur disusun dengan kalimat perintah atau ajakan. Tujuannya adalah agar pembaca bisa mengikuti petunjuk yang disediakan di teks prosedur. Biasanya teks prosedur disusun berdasarkan list petunjuk dari awal hingga akhir.

 

Udah banyak sekali fungsi dari teks prosedur. Berikut adalah sebagian dari fungsi adanya teks prosedur di dalam produk.

Teks prosedur menyediakan instruksi yang jelas dan mudah dipahami. Pembaca juga tidak akan kesulitan untuk mengikuti petunjuk yang dituliskan di teks prosedur.

Teks prosedur juga berfungsi agar pengguna bisa mengikuti petunjuk secara detail hingga akhir. Dalam proses pengerjaan, mungkin pengguna bisa mengalami kendala. Inilah salah satu fungsi dari mengikuti langkah-langkah dari teks prosedur.

Teks prosedur juga bisa dijadikan arsip dan diperbanyak. Sehingga teks prosedur bisa digunakan kembali untuk proses produksi ulang barang di industri manufaktur.

Saat menggunakan suatu produk pertama kali, pengguna kemungkinan akan melakukan kesalahan. Fungsi dari teks prosedur adalah untuk menghindari kesalahan yang bisa menimbulkan hal berbahaya bagi pengguna.

Teks prosedur juga bisa menghemat waktu saat menggunakan produk pertama kali. Dengan petunjuk yang diberikan secara jelas, pengguna bisa mempersingkat waktu proses penggunaan barang yang dibeli.

Jenis-Jenis Teks Prosedur

Jenis-Jenis Teks Prosedur

Teks prosedur disusun agar pembaca memahami instruksi dan mencapai goal yang diinginkan. Teks prosedur juga digunakan untuk menghemat waktu dan meminimalisir adanya kesalahan dalam pengerjaan. Untuk itulah, teks prosedur harus disusun dengan singkat dan jelas.

Ada dua macam contoh teks prosedur. Yang pertama adalah contoh teks prosedur simpel, yaitu teks prosedur yang mudah dipahami oleh siapa saja. Kedua adalah teks prosedur kompleks yang disusun dengan bahasa teknikan dan profesional.

Yang paling utama adalah kenali pembaca terlebih dahulu. Setelah itu, pastikan kamu menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami. Kamu juga bisa menggunakan gambar atau diagram agar teks prosedur lebih mudah dipahami pembaca.

Teks prosedur merupakan serangkaian petunjuk cara penggunaan atau konsumsi suatu produk. Ada dua macam contoh teks prosedur yaitu contoh teks prosedur simpel dan contoh teks prosedur kompleks. Berikut adalah perbedaan dari keduanya:

1. Simpel Teks Prosedur

Simpel Teks Prosedur atau teks prosedur simpel merupakan serangkaian petunjuk yang dituliskan dengan singkat, padat, dan jelas. Biasanya, teks prosedur simpel ini sangat mudah dipahami dan dipraktekkan oleh pembacanya. Pembaca tidak memerlukan usaha besar untuk mempraktekkan teks prosedur simpel.

Contoh teks prosedur simpel bisa kamu temukan pada resep makanan dan petunjuk penggunaan di bungkus kosmetik. Kamu mungkin sering membaca petunjuk memasak Indomie. Nah, petunjuk tersebut adalah salah satu contoh teks prosedur yang simpel.

Berikut adalah ciri-ciri teks prosedur yang simpel:

  1. Menggunakan bahasa yang simpel dan mudah dipahami.
  2. Terdiri dari kalimat pendek.
  3. Langkah-langkah yang tidak terlalu panjang.
  4. Menggunakan kata-kata dasar seperti “Pertama-tama, lalu, kemudian”
  5. Tidak membutuhkan keahlian khusus untuk menyelesaikan prosedur yang dituliskan.

2. Kompleks Teks Prosedur

Berbeda dari teks prosedur simpel, teks prosedur komplek memberikan petunjuk yang lumayan panjang. Biasanya, teks prosedur kompleks disusun agar pembaca bisa memahami dan mengikuti petunjuk secara akurat.

Contoh teks prosedur kompleks disusun agar pengguna bisa menghindari dan meminimalisir masalah dalam mengaplikasikan instruksi. Selain itu, teks prosedur kompleks juga disusun agar bisa dengan mudah untuk dijadikan arsip dan disalin ulang.

Umumnya teks prosedur kompleks digunakan di usaha manufaktur dimana para pembacanya harus mengikuti semua instruksi dengan detail. Dengan teks prosedur kompleks, perusahaan manufaktur bisa memproduksi barang dengan kualitas yang konsisten.

Teks prosedur kompleks juga bisa mencegah adanya bahaya yang ditimbulkan dari pengaplikasian petunjuk yang salah. Pada perusahaan manufaktur, akan sangat berbahaya apabila pembaca tidak mengikuti petunjuk sesuai dengan yang diinstruksikan.

Berikut adalah ciri-ciri teks prosedur kompleks:

  1. Menggunakan bahasa teknikal yang biasa dipahami oleh orang yang ahli di bidangnya.
  2. Langkah-langkah dalam teks prosedur dijelaskan secara rinci.
  3. Menggunakan kata-kata yang lebih kompleks seperti “selain itu, di sisi lain, daripada”.
  4. Teks prosedur kompleks disusun untuk orang-orang profesional.

Tips Menyusun Teks Prosedur

Tips Menyusun Teks Prosedur

Dalam menyusun teks prosedur, penulis tidak boleh asal-asalan. Teks prosedur yang ditulis secara asal-asalan akan menghasilkan akhir yang tidak sesuai dan tidak memuaskan. Untuk itulah, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu perhatikan ketika menyusun teks prosedur:

1. Kenali Pembaca

Sangat penting untuk mengenali pembaca sebelum menyusun teks prosedur. Penulis harus mengetahui kepada siapa teks prosedur tersebut ditujukan. Dengan mengenali pembaca, penulis bisa menentukan bagaimana menyusun teks prosedur yang benar.

Jika teks prosedur ditujukan kepada pembaca umum, maka teks prosedur harus disusun dengan bahasa yang simpel atau menggunakan simpel teks prosedur. Namun apabila teks prosedur disusun untuk pembaca spesifik, maka penulis harus menulis teks prosedur menggunakan bahasa teknikal dan profesional.

2. Gunakan Bahasa Yang Jelas

Saat menyusun teks prosedur, penulis harus menggunakan bahasa yang jelas dan tidak bertele-tele. Gunakan kalimat perintah atau ajakan. Hindari menggunakan jargon atau kalimat yang terlalu panjang dan susah dipahami.

3. Gunakan Gambar Atau Diagram

Penggunaan diagram atau gambar pada teks prosedur akan membuat pembaca lebih memahami teks yang disampaikan. Dengan visual, pengguna mungkin akan bisa lebih memahami teks yang dianggap asing. Pilihlah diagram dan gambar yang jelas dan mudah dimengerti.

4. Praktekkan Terlebih Dahulu

Setelah menyusun teks prosedur, ada baiknya penulis untuk mencoba mempraktekkan tulisan yang sudah disusun. Tujuannya adalah untuk memastikan apakah petunjuk tersebut sudah disusun dengan jelas.

Bila perlu, ajak orang lain untuk ikut mempraktekkan agar kamu bisa mengetahui apakah orang lain memahami apa yang kamu sampaikan. Jika teks prosedur yang kamu susuh sudah jelas, kamu bisa mencetak teks prosedur tersebut.

5. Susunan Bahasa Teks Prosedur

Saat menyusun teks prosedur, ada susunan bahasa yang perlu diperhatikan. Tujuannya adalah agar teks prosedur dapat dituliskan dengan kalimat yang tepat. Berikut adalah susunan bahasa teks prosedur:

6. Kalimat

Dalam menyusun teks prosedur, ada tiga kalimat yang bisa digunakan yaitu kalimat imperatif, kalimat deklaratif, dan kalimat interogatif.

Kalimat imperatif adalah kalimat perintah dan petunjuk. Sedangkan kalimat deklaratif adalah kalimat pernyataan yang berisikan informasi. Kalimat interogatif, disisi lain, adalah kalimat yang berisikan pertanyaan.

7. Kata Penghubung

Ada dua kata penghubung yang sering kita temukan. Yaitu kata penghubung persyaratan dan kata penghubung temporal.

Kata penghubung persyaratan meliputi kata “Jika, Apabilan,…”. Sedangkan kata penghubung temporal adalah kata yang diawali dengan “Lalu, Kemudian, Selanjutnya,…”

8. Kata Ganti

Kata ganti meliputi kata petunjuk dan kata persona. Saat menggunakan kata petunjuk, teks prosedur akan menggunakan kata “itu, ini, tersebut”. Sedangkan saat menggunakan kata ganti persona, teks prosedur akan menggunakan kata “kamu, kalian”

9. Numeralia

Sesuai namanya, kata numeralia yang ada di teks prosedur meliputi kata ganti angka. Seperti kata “pertama, kedua, ketiga, …”

10. Kata Kerja

Kata kerja seringkali digunakan dalam menyusun teks prosedur. Ada dua kata kerja yang biasa digunakan, yaitu kata kerja material dan kata kerja tingkah laku.

Kata kerja material merupakan kata kerja yang menghasilkan atau memiliki efek kepada benda mati. Contohnya seperti, memotong, menggunting, mengiris, dan lain-lain.

Sedangkan kata kerja tingkah laku adalah kata kerja yang tidak terlihat. Contohnya seperti mencintai, berpikir, membatin, dan lain sebagainya.

Struktur Teks Prosedur

Struktur Teks Prosedur

Ada beberapa poin atau struktur yang wajib dicantumkan dalam penyusunan teks prosedur. Poin atau struktur ini bisa berubah tergantung dengan teks prosedur yang disusun. Struktur tersebut adalah:

  • Judul
  • Bahan yang dibutuhkan
  • Alat yang akan digunakan
  • Langka-langkah
  • Kesimpulan

Contoh Teks Prosedur Simpel

Contoh Teks Prosedur Simpel

Berikut adalah contoh teks prosedur yang simpel dan mudah dipahami oleh siapa saja:

1. Cara Membuat Kopi Instan

Bahan yang dibutuhkan:

  • 1 sachet kopi instan
  • 2 sendok gula pasir
  • 200 ml air putih

Langkah penyajian:

  1. Rebus air putih hingga mendidih.
  2. Sambil menunggu air mendidih, tuang kopi sachet instan ke dalam gelas.
  3. Selanjutnya, tambahkan gula pasir.
  4. Jika air putih sudah mendidih, tuangkan air ke dalam gelas.
  5. Kopi instan siap disajikan.

2. Petunjuk Pemakaian Toner

  1. Siapkan kapas atau tisu.
  2. Tuangkan toner ke dalam kapas atau tisu.
  3. Lalu usapkan toner ke wajah dan leher.
  4. Untuk hasil terbaik, gunakan rangkaian produk kecantikan dari Wardah.

3. Resep Sambal Cumi Cabe Hijau

Bahan yang dibutuhkan:

  • 100 gr Cumi asin
  • 5 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 100 gr cabe rawit hijau
  • 2 buah tomat hijau
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 batang sereh
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Air putih secukupnya
  • Minyak untuk menumis

Cara Mengolah:

  1. Rebus cumi dan cuci bersih hingga bau amis pada cumi berkurang.
  2. Potong cumi menjadi beberapa bagian yang diinginkan.
  3. Sangrai cumi untuk menghilangkan kadar air. Cumi yang memiliki kadar air sedikit akan bertahan lebih lama.
  4. Tumis semua bumbu sampai layu.
  5. Haluskan bumbu lalu tumis ulang. Agar sambal cumi lebih awet, bumbu harus benar-benar bebas dari kadar air.
  6. Tambahkan gula dan garam secukupnya.
  7. Sajikan dengan nasi hangat.
  8. Sisa sambal cumi bisa dijadikan stok untuk beberapa hari ke depan.

Contoh Teks Prosedur Kompleks

Contoh Teks Prosedur Kompleks

Teks prosedur disusun agar pembaca memahami instruksi dan mencapai goal yang diinginkan. Teks prosedur juga digunakan untuk menghemat waktu dan meminimalisir adanya kesalahan dalam pengerjaan. Untuk itulah, teks prosedur harus disusun dengan singkat dan jelas.

Ada dua macam contoh teks prosedur. Pertama adalah contoh teks prosedur simpel, yaitu teks prosedur yang mudah dipahami oleh siapa saja. Kedua adalah teks prosedur kompleks yang disusun dengan bahasa teknikan dan profesional.

Paling utama adalah kenali pembaca terlebih dahulu. Setelah itu, pastikan kamu menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami. Kamu juga bisa menggunakan gambar atau diagram agar teks prosedur lebih mudah dipahami pembaca.

Berikut adalah contoh dari penyusunan teks prosedur kompleks.

1. Cara Memperbaiki Mesin Cuci

Alat yang dibutuhkan:

  • Tang
  • Kunci inggris
  • Multitester
  • Alat pemecah plastik
  • Buku panduan mesin cuci

Langkah-langkah memperbaiki mesin cuci:

  1. Pastikan mesin cuci dalam keadaan mati. Cabut kabel apabila kabel mesin cuci masih menancap.
  2. Gunakan alat pemecah plastik untuk membuka bagian depan mesin cuci.
  3. Cek kondisi pompa air, motor, dan selang air untuk memastikan tanda kerusakan.
  4. Apabila kamu sudah menemukan kerusakan, gunakan tang atau kunci inggris untuk memperbaiki kerusakan tersebut.
  5. Jika kondisi mesin cuci belum kembali normal, kamu mungkin perlu mengganti spare part lamamu dan membeli yang baru.
  6. Jangan lupa juga untuk memastikan kondisi timer menggunakan multitester.
  7. Apabila timer mengalami masalah, kamu bisa membaca ulang panduan di buku mesin cuci untuk mengganti timer.
  8. Apabila kerusakan sudah diperbaiki, kamu bisa memasang kembali bagian depan mesin cuci hingga rapat.
  9. Tes apakah mesin cuci sudah berfungsi normal dengan cara mencolokkan kabel mesin cuci dan menyalakan ulang mesin cuci.
  10. Apabila mesin cuci belum kembali normal, kamu bisa hubungi service center terdekat.

FAQ

Apakah Tujuan Teks Prosedur?

Teks prosedur disusun agar pembaca memahami instruksi dan mencapai goal yang diinginkan. Teks prosedur juga digunakan untuk menghemat waktu dan meminimalisir adanya kesalahan dalam pengerjaan. Untuk itulah, teks prosedur harus disusun dengan singkat dan jelas.

Ada Berapa Macam Contoh Teks Prosedur?

Ada dua macam contoh teks prosedur. Pertama adalah contoh teks prosedur simpel, yaitu teks prosedur yang mudah dipahami oleh siapa saja. Kedua adalah teks prosedur kompleks yang disusun dengan bahasa teknikan dan profesional.

Bagaimana Tips Menyusun Teks Prosedur?

Paling utama adalah kenali pembaca terlebih dahulu. Setelah itu, pastikan kamu menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami. Kamu juga bisa menggunakan gambar atau diagram agar teks prosedur lebih mudah dipahami pembaca.

Akhir Kata

Contoh teks prosedur tersedia dalam dua macam yaitu contoh teks prosedur simpel dan contoh teks prosedur kompleks. Kedua contoh teks prosedur tersebut disusun berdasarkan target pembaca. Gunakan bahasa yang mudah dipahami dan jelas agar pembaca bisa mengikuti teks prosedur.

Simak juga beberapa artikel – artikel menarik dari kami lainnya yang pastinya bermanfaat untuk kamu baca :