Chord Gitar Duka Last Child Beserta Lirik Lagunya Terlengkap

Skala.id – Chord Gitar Duka yang dinyanyikan oleh band Last Child sedang populer di aplikasi TikTok. Banyak orang yang memainkan versi gitar dari lagu ini kemudian membagikannya ke platform TikTok.

Video musik lagu ini sudah ditonton sebanyak 2 juta kali di platform YouTube sejak di upload pada tanggal 17 Desember 2021 lalu. Baru-baru ini ada banyak kreator yang mengcover lagu duka menggunakan instrumen gitar. Sejak akhir tahun lalu lagu Duka yang dinyanyikan oleh Last Child ini banyak diputar di TikTok.

Bahkan ada video TikTok yang berisikan detail chord gitar Duka. Oleh karena itu di artikel ini kami akan membahas sekilas tentang lagu Duka beserta dengan chord gitar yang mungkin bisa kamu mainkan.

Mari Berkenalan Dengan Lagu Duka Dari Last Child

Mari Berkenalan Dengan Lagu Duka Dari Last Child

Siapa yang tidak kenal dengan band Last Child? Buat kamu khususnya milenial, mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama band ini. Band ini sempat merilis banyak lagu hits beberapa tahun yang lalu. Seperti lagu Surat Cinta Untuk Starla, Seluruh Nafas Ini, dan masih banyak lagi.

Salah satu lagu yang dirilis band ini beberapa tahun yang lalu dan akhir-akhir ini menjadi hits adalah lagu berjudul Duka. Chord gitar lagu ini banyak di cover di aplikasi media sosial Tik Tok. Sehingga banyak orang yang belum pernah memainkan lagu ini penasaran dengan chord gitar dan mencarinya di internet.

Buka sendiri melupakan lagu yang dirilis pada tahun 2018 dan langsung menjadi hits di antara para penggemar musik di Indonesia. Duka yang berarti penderitaan menceritakan tentang kesedihan dan patah hati dari hubungan asmara yang kandas.

Melodinya yang enak didengar dan liriknya yang emosional membuat lagu ini langsung menarik banyak perhatian penggemar musik pop di Indonesia. Tidak heran jika lagu ini menjadi lagu yang sangat tak kenal pada zamannya.

Jika kamu ingin mengcover lagu Duka dari Last Child ini kamu wajib memahami chord gitarnya. Sebenarnya chord gitar yang digunakan pada lagu ini relatif simple. Namun chord gitar lagu ini mampu menciptakan emosional yang kuat yang bisa menangkap mood dari lagu ini dengan tepat.

Dengan mempelajari dan mempraktekkan chord dari gitar ini, pemain bisa lebih menikmati musik dan juga membagikan perasaannya kepada orang lain. Dengan demikian pesan yang disampaikan di dalam lagu ini akan lebih terasa dan bisa dinikmati.

Lagu dimulai dengan intro yang menampilkan chord G, C, D dan Em. Ini beberapa kali diulang sepanjang lagu dan mampu menjadi melodi utama dari lagu ini.

Bagian chorus dari lagu ini menampilkan chord yang simpel namun juga powerful dari G, D, Em, dan C. Sehingga mampu menciptakan tensi yang bisa membangun emosional pendengarnya.

Tips Bertransisi Dengan Lancar Pada Chord Gitar Duka

Tips Bertransisi Dengan Lancar Pada Chord Gitar Duka

Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar kamu bisa memainkan chord gitar Duka dengan lancar dan smooth. Berikut adalah tips-tips yang mungkin bisa kamu terapkan:

  1. Rajinlah berlatih chord gitar sampai kamu benar-benar menguasai chord gitar Duka dari band Last Child.
    Latih transisi di antara dua chord gitar Duka sekaligus. Misal, berlatih dari chord Dm ke F kemudian dari F ke C, lalu dari C ke G.
  2. Gunakan jari biasa sebagai poin. Misalnya, saat bertransisi dari Dm ke F, pertahankan jarimu di fret pertama di senar E lalu gunakan posisi tersebut sebagai guide yang memandu jarimu yang lain ke chord F.
  3. Perhatikan jari-jarimu. Kamu harus memastikan jari-jarimu berada di posisi yang benar dan setiap nada yang kamu mainkan terdengar jelas. Jika nada terdengar berdengung, sesuaikan ulang posisi jari-jarimu.
  4. Di awal-awal latihan, berlatihlah dengan perlahan dan seksama. Kemudian secara berkala tingkatkan kecepatan bermainmu.
  5. Berfokuslah pada permainan gitar yang akurat dan halus. Jangan terburu-buru dalam berlatih chord gitar Duka.

Lirik Lagu Dan Chord Gitar Duka By Last Child

Lirik Lagu Dan Chord Gitar Duka By Last Child

Pada dasarnya chord gitar Duka sangat mudah dimainkan. Meskipun chordnya simpel, namun bagi pemula akan terasa rumit. Agar bisa memainkan chord gitar Duka dengan tepat, kamu bisa mengikuti petunjuk di atas.

Kamu bisa belajar chord gitar Duka melalui link youtube di atas. Kamu bisa belajar secara otodidak dengan berbagai cover atau panduan dan tips yang tersedia di internet. Termasuk melalui artikel chord gitar Duka yang kami jelaskan di atas.

Aliran musik dari band Last Child adalah Pop, Rock, dan Rock Alternative. Dengan demikian lagu-lagu Last Child sangat digemari oleh pecinta musik tanah air yang menyukai genre baik pop maupun rock.

Lagu Duka merupakan salah satu lagu dari kompilasi lagu di album Surat Cinta Untuk Starla OST yang dirilis pada tahun 2016 lalu. Chord gitar Duka mulai banyak di-cover kembali sejak akhir tahun 2022 di berbagai platform online.

Memainkan chord gitar duka mampu memberikan efek yang bisa melepaskan isi hati bagi seseorang yang sedang mengalami patah hati. Pemain gitar juga bisa merasa terkoneksi dengan sesama gitaris lain saat memainkan lagu ini bersama-sama. Berikut adalah chord gitar Duka by Last Child.

Intro
C
G D Em C D

kau (kunci C) membunuhku (kunci D) dengan kepedihan ini (kunci Em)

kau (kunci C) hempaskanku ke dalam (kunci D) retaknya hati (kunci Em)

hingga (kunci C) air mata (kunci D) tak mampu (kunci Bm) untuk melukiskan perih (kunci Em)

yang kau (kunci C) ukir dalam.. hati ini.. (kunci D)

kau (kunci C) hancurkan diriku (kunci D) saat engkau pergi (kunci Em)

setelah (kunci C) kau patahkan (kunci D) sayap ini…

hingga (kunci gitar C) ku takkan (kunci gitar D) bisa tuk (kunci gitar Bm) terbang tinggi lagi (kunci gitar Em)…

dan mencari (kunci C) bintang yang dapat (kunci D) menggantikanmu

Chorus

sampai kini masih ku coba (kunci G)

tuk terjaga (kunci D) dari mimpi ku..

yang buat ku tak sadar, bahwa kau bukan (kunci Em)

lagi (kunci C) milikku.. (kunci D)

walau hati (kunci G) tak akan pernah…

dapat melupakan (kunci D) dirimu…

dan tiap tetes (kunci Em) air mata yang jatuh,

kuatkan (kunci C) rinduku (kunci D)

pada indah (kunci Bm) bayangmu (kunci Em), canda (kunci Bm) tawamu (kunci Em)

pada (kunci C) indahnya duka (kunci D) dalam kenangan kita..(kunci G)

Intro
G D Em C D

kau (kunci gitar C) hancurkan diriku (kunci gitar D) saat engkau pergi (kunci gitar Em)

setelah (kunci C) kau patahkan (kunci D) sayap ini..(kunci Em)

hingga (kunci gitar C) ku takkan (kunci gitar D) bisa tuk terbang (kunci gitar Bm) tinggi lagi (kunci gitar Em)

dan mencari bintang (kunci C) yang dapat menggantikanmu (kunci D)

[Chorus]

sampai kini (kunci G) masih ku coba

tuk terjaga (kunci D) dari mimpi ku..

yang buat ku (kunci Em) tak sadar bahwa kau bukan,

lagi (kunci C) milikku..(kunci D)

walau hati (kunci G) tak akan pernah (kunci G),

dapat melupakan dirimu (kunci D)…

dan tiap tetes air (kunci Em) mata yang jatuh,

kuatkan (kunci C) rinduku.. (kunci D)

pada indah (kunci Bm) bayangmu (kunci Em), canda (kunci Bm) tawamu (kunci Em)

pada (kunci C) indahnya duka (kunci D) dalam kenangan kita.. (kunci Em)

Int.

– (chord Em C G D)
– (kunci Em C G D)
– (chord Em C G D)
– (kunci Em C G D E)

(Chorus)

sampai kini (kunci A) masih ku coba

tuk terjaga (kunci gitar E) dari mimpi ku

yang buatku (kunci gitar F#m) tak sadar

bahwa kau bukan lagi (kunci E) milikku..(kunci F)

walau hati (kunci A) tak akan pernah

dapat (kunci E) melupakan dirimu

dan tiap tetes (kunci F#m) air mata yang jatuh

kuatkan (Kunci D) rinduku (chord E)

pada (kunci C#m) indah bayangmu (kunci F#m), canda (kunci C#m) tawamu (kunci F#m)

pada (kunci D) indahnya duka (kunci E) dalam kenangan kita..

A E F#m D E
ho.. (kunci A) oo o.. (kunci E) ho.. (chord D) oo o.. (kunci E)
ho.. (kunci A) oo o.. (k E) ho.. (kunci D) oo o.. (kunci DED)

Pola Petikan Pada Chord Gitar Duka

Pola Petikan Pada Chord Gitar Duka

Petikan chord gitar Duka terbilang cukup sederhana. Berikut adalah pola petikan yang bisa kamu gunakan untuk belajar memainkan gitar dengan lagu Last Child berjudul Duka.

Bawah, Bawah-Atas, Bawah-Atas, Bawah-Atas

Untuk memainkan pola gitar ini, pertama-tama kamu harus meletakkan jari-jarimu pada chord lagu yang sesuai. Lalu gunakan jarimu untuk memetik ke bawah pada ketukan pertama.

Kemudian ikuti dengan memetik ke bawah pada ketukan kedua. Pada ketukan ketiga dan keempat dari pola ini juga merupakan petikan ke bawah.

Agar kamu bisa menjaga ritme tetap konsisten, kamu harus berlatih secara teratur. Kamu bisa bermain dengan tempo lambat di awal dan seiring berjalannya waktu, kamu bisa mulai mempercepat tempo.

Jika kamu sudah lancar memainkan chord gitar Duka, kamu bisa memainkan lagu ini dengan lancar sesuai dengan lagu aslinya. Berikut adalah video Youtube yang bisa kamu jadikan referensi untuk memainkan chord gitar Duka:

Biografi Band Last Child Penyanyi Lagu Duka

Biografi Band Last Child Penyanyi Lagu Duka

Last Child adalah band asal Indonesia yang debut pada tahun 2006. Personil dari band ini adalah Virgoun yang berperan sebagai vokalis sekaligus gitaris, Ari sebagai drummer.

Personil yang terakhir Dimas sebagai vokalis dan bassist. Hingga pada tahun 2009, Last Child menambah personil gitaris bernama Yodi.

Grup Last Child beberapa kali ganti personil sampai akhirnya pada tahun 2012 Yodi dan Ari keluar dari grup. Saat itu mereka bertepatan sedang menggarap album studio mereka yang pertama.

Hingga akhirnya hanya sisa empat personil dari band ini. Yaitu Virgoun sang vokalis dan gitaris, Dimas sang bassist dan vokalis, Mamie sang gitaris, dan yang terakhir Ipang Rizki dang drummer.

Band Last Child terbentuk melalui audisi band. Saat mereka masih berumur belia, personilnya mengikuti audisi band dan berhasil lolos. Dari kemenangan tersebut mereka akhirnya bertekad untuk melanjutkan Last Child hingga menjadi band terkenal.

Terbukti, grup ini mampu memenangkan penghargaan Best Indie pada ajang Indigo Digital Music Awards di tahun 2011.

Selama berkarir di dunia musik Indonesia, Last child sudah merilis tiga album. Yaitu Grow Up pada tahun 2007, Everything We Are pada tahun 2009, dan yang terakhir Our Biggest Thing Ever pada tahun 2012.

Selama karirnya, band Last Child memiliki banyak sekali penggemar di seluruh Indonesia. Hingga saat ini, lagu Last Child banyak dicover di sosial media termasuk chord gitar Duka.

Sementara itu, lagu Duka sendiri merupakan lagu kedua dari project besar band Last Child bertagar #AkudanMesinWaktu. Hingga artikel ini dirilis, Duka sudah ditonton lebih dari 158 juta kali di Youtube.

FAQ

Jika kamu ingin mengcover lagu Duka dari Last Child ini kamu wajib memahami chord gitarnya. Sebenarnya chord gitar yang digunakan pada lagu ini relatif simple. Namun chord gitar lagu ini mampu menciptakan emosional yang kuat yang bisa menangkap mood dari lagu ini dengan tepat.

Dengan mempelajari dan mempraktekkan chord dari gitar ini, pemain bisa lebih menikmati musik dan juga membagikan perasaannya kepada orang lain. Dengan demikian pesan yang disampaikan di dalam lagu ini akan lebih terasa dan bisa dinikmati.

Apakah Chord Gitar Duka Band Last Child Susah Dimainkan?

Pada dasarnya chord gitar Duka sangat mudah dimainkan. Meskipun chordnya simpel, namun bagi pemula akan terasa rumit. Agar bisa memainkan chord gitar Duka dengan tepat, kamu bisa mengikuti petunjuk di atas.

Dimana Saya Bisa Belajar Chord Gitar Duka Yang Dinyanyikan Band Last Child?

Kamu bisa belajar chord gitar Duka melalui link youtube di atas. Kamu bisa belajar secara otodidak dengan berbagai cover atau panduan dan tips yang tersedia di internet. Termasuk melalui artikel chord gitar Duka yang kami jelaskan di atas.

Apakah Aliran Musik Band Last Child?

Aliran musik dari band Last Child adalah Pop, Rock, dan Rock Alternative. Dengan demikian lagu-lagu Last Child sangat digemari oleh pecinta musik tanah air yang menyukai genre baik pop maupun rock.

Lagu Duka Termasuk Dalam Album Ke Berapa?

Lagu Duka merupakan salah satu lagu dari kompilasi lagu di album Surat Cinta Untuk Starla OST yang dirilis pada tahun 2016 lalu. Chord gitar Duka mulai banyak di-cover kembali sejak akhir tahun 2022 di berbagai platform online.

Akhir Kata

Chord gitar Duka bisa dimainkan dengan mudah. Kamu bisa belajar chord ini melalui tahapan yang kami jelaskan di atas secara bertahap. Lagu ini menggambarkan emosi yang sangat dalam sehingga tidak heran jika Duka banyak dicover di sosial media termasuk TikTok dan Youtube.

Simak juga beberapa artikel – artikel menarik dari kami lainnya yang pastinya bermanfaat untuk kamu baca :

Dapatkan Berita dan Informasi Menarik Lainnya di Google News Skala.id