Cara Cek NISN Dengan Nama Secara Online Mudah dan Praktis

Skala.id – Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan Cara Cek NISN Dengan Nama yang mudah untuk kamu ikuti. Jadi, jika para pembaca artikel ini atau para siswa ingin melakukan cara tersebut maka silahkan ikuti terus ulasannya.

Tahukah kamu, masing – masing orang pasti sudah memiliki NISN yang memang telah terdaftar waktu sekolah. Namun, sebagian dari kamu masih ada juga yang belum paham dengan NISN.

Bukan hanya itu, kamu juga terkadang belum tahu fungsi, arti, serta nomor NISN kamu sendiri. Maka dari itu, di artikel Skala.id kami akan membagikan informasinya dengan amat lengkap.

Jadi, bagi kamu yang membutuhkan data atau ingin mengetahui nomor NISN kamu maka silahkan bisa pantau terus artikelnya. Disini kami akan menjelaskan tentang cek NISN dengan nama secara online, fungsi dan lain – lain.

Jika sudah tidak sabar maka segera perhatikan ulasan pertama yang terkait dengan NISN. Di informasi dibawah kami akan merangkun apa itu NISN.

Pengertian NISN

Jadi, NISN ini adalah singkatan dari Nomor Induk Siswa Nasional. Nomor ini tentunya sudah melekat terhadap siswa – siswi yang ada di negara Indonesia.

Dari mulai kita SD (Sekolah Dasar) nomor NISN tersebut sudah dibuat dan terdaftar. Biasanya, kamu dapat melihat nomor tersebut di buku rapor bagian depan atau bagian biodata data diri kamu.

Nomor induk siswa nasional ini terdiri dari 10 angka, yang memang setiap orang pasti memiliki nomor induk yang berbeda. Di belakang nomor pun akan terdapat 3 digit angka tanggal kelahiran kamu.

Sedangkan untuk 7 digit nomor lainnya adalah nomor induk rahasia dari negara ini. Tentu, 7 nomor tersebut hanya diketahui oleh kamu. Sebab, nomor tersebut bersifat rahasia dan tidak diketahui orang lain.

Tidak sedikit pula orang yang tahu akan nomor induk siswa nasional miliki sendiri. Terkadang masih banyak orang yang salah ketika ingin melihat nomor induk tersebut.

Sebenarnya, nomor induk ini tidak pernah berubah sejak SD. Karena pemerintah sudah membuatnya semenjak kamu daftar sekolah dasar. Nomor induk siswa nasional ini juga sebagai tanda resmi bahwa kamu telah terdaftar di salah satu sekolah.

Nomor ini terbilang sangat penting, bahkan ketika kamu sudah mencapai bangku kuliah nomor induk tersebut masih dibutuhkan. Bukan hanya itu, terkadang pendaftaran penting pun memerlukan nomor NISN ini.

Maka dari itu, bagi yang belum mengetahui nomor induk siswa nasional miliki pribadi maka segera cek melalui beberapa cara. Ada metode online atau offline yang bisa kamu gunakan untuk cek NISN.

Akan tetapi, sebelum mengetahui cara cek NISN ini kamu harus tahu fungsi dari kartu tersebut. Oleh karena itu, silahkan lihat informasi yang sudah kami siapkan dibawah ini.

Fungsi NISN (Nomor Induk Siswa Nasional)

NISN ini ialah salah satu nomor induk kode yang dimiliki oleh para siswa di Indonesia. Dengan adanya nomor induk siswa nasional ini artinya kamu menjadi siswa yang terdaftar di Kemendikbud.

Awalnya, pasti kamu mengira bahwa kode nomor induk tersebut tidaklah penting. Namun, semakin kesini kamu mengetahui bahwa mengetahui nomor NISN sangatlah penting dilakukan.

Jangan khawatir, karena nomor induk siswa nasional kamu tidak akan hilang dari data pemerintah. Sebab, nomor induk ini sudah tercatat semenjak kamu mendaftarkan diri di bangku sekolah dasar.

Artinya, sampai saat ini kamu sudah memiliki nomor induk siswa nasional. Tentu saja, itu adalah hal pembeda dari satu siswa (anak) dengan siswa lainnya. Dan nomor ini akan berlaku seumur hidup seperti KTP.

Nah, untuk fungsi dari nomor induk siswa nasional itu sendiri adalah supaya siswa di indonesia memiliki perbedaan dengan siswa luar negara. Artinya NISN ini sebagai ciri khas dari siswa negara Indonesia.

Selain itu, fungsi dari nomor induk ini juga sebagai salah satu kartu penting ketika ingin melakukan pendaftaran di universitas unggul. Pasti kamu akan diminta untuk memasukkan nomor NISN yang dimiliki.

Bahkan nomor induk ini juga bisa berfungsi sebagai salah satu bantuan operasioanl dari sekolah. Nah, dengan nomor ini bantuan tersebut akan kamu terima dengan tepat sesuai nomor NISN yang mendapatkannya.

Jadi, setiap orang berhak mengetahui nomor induk siswa nasionalnya masing masing. Maka dari itu, jangan lupa cek nomor induk melalui beberapa cara baik itu offline maupun online.

Manfaat Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional

Selain itu, kamu juga pasti bertanya – tanya tentang manfaat dari nomor induk siswa nasional ini bukan. Tenang saja, kami pun akan membahas tentang manfaat dari NISN ini.

Jadi, jika kamu tidak memiliki kartu atau nomor induk ini maka mungkin bisa saja kesulitan ketika ingin mendaftarkan diri ke perguruan tinggi ataupun hal yang berkaitan dengan sekolah.

Sebab, dari mulai SMP dan SMA saja kamu diharuskan mengisi nomor induk siswa nasional tersebut. Hal itu menandakan bahwa kartu NISN ini sangatlah penting untuk kita ingan dan simpan.

Mungkin untuk manfaat dari nomor induk ini tidak bisa dirasakan secara nyata oleh kamu. Akan tetapi, apabila kamu tidak mengetahui NISN maka akan sulit terverifikasi ketika ingin mendaftar di sekolah.

Dengan adanya nomor induk siswa nasional ini, pemerintah lebih mudah untuk mendata siswa siswi yang bersekolah didalam negeri. Bahkan pemerintah juga bisa mudah mengelola program kepada para siswa di Indonesia.

Nah, silahkan kamu cari nomor induk siswa masing – masing. Agar ketika ingin lanjut ke jenjang pendidikan kamu akan di mudahkan terutama dalam masalah registrasi atau pendaftaran.

Untuk cara ceknya kamu bisa melalui sebuah website online. Jadi, kamu tidak perlu repot repot membuka rapor atau meminta ke sekolah kamu dulu. Dan website untuk cek NISN kamu bisa lihat dibawah ini.

Link Situs Untuk Cek NISN Siswa Secara Online

Sekarang ini, zaman sudah sangat berkembang sehingga kegiatan apapun bisa dilakukan dengan mudah bahkan dengan cara online. Tinggal membuka gadget kamu akan bisa tahu berapa nomor induk siswa nasional yang dimiliki.

Kamu hanya perlu mengunjungi website resminya saja, kemudian cek langsung NISN dengan melalui sistem online. Pastinya, website ini bisa digunakan oleh semua orang dan bisa di akses dengan sangat mudah.

Apalagi, untuk cek NISN kamu tidak lagi mengumpulkan persyaratan apapun. Sehingga nantinya, kamu bisa langsung berkunjung dan melihat nomor induk siswa nasional masing masing.

Kamu hanya perlu mengisi data – data yang di sediakan websitenya saja. Selebihnya, tidak ada persyaratan khusus yang rumit untuk kamu tepati.

Agar memudahkan kamu dalam mencari website untuk cek NISN kami akan menyediakannya di situs Skala.id ini. Kamu bisa mengunjungi website https://nisn.data.kemdikbud.go.id/ untuk cek nomor induk siswa nasional.

Kamu bisa langsung mencobanya apabila ingin mengetahui NISN. Otomatis kamu akan langsung masuk ke halaman situsnya dan tidak lagi perlu membuat akun atau sejenisnya.

Mudah, Begini Cara Cek NISN Dengan Nama

Mudah, Begini Cara Cek NISN Dengan Nama

Setelah mengetahui situs atau websitenya, selanjutnya kamu bisa ikuti beberapa tahap cara cek nomor induk siswa nasional ini. Ada beberapa proses yang harus kamu lakukan agar bisa melakukan caranya.

Tentu sebelum itu, kamu harus benar – benar sudah masuk dan mengunjungi halaman dari situs yang kami bagikan. Baru dengan itu, kamu bisa melakukan cara cek NISN secara mudah.

Lantas, bagaimana sih cara – cara untuk cek NISN dalam website di atas? Nah, langsung saja jika kamu penasaran maka silahkan ikuti beberapa panduan berikut.

1. Masukkan Nama Lengkap

Data atau cara pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mengisi nama lengkap dari masing masing orang yang ingin cek NISN. Ingat, nama yang kamu masukkan harus sesuai dengan nama di akta lahir.

Dan data nama ini tentunya sangat penting, jika terjadi kesalahan satu saja mungkin nomor induk siswa nasional kamu tidak akan muncul. Jadi, masukkan nama lengkap kamu dengan akurat sesuai akta.

Menariknya lagi, dengan website ini kamu juga bisa melihat NISN dari orang lain. Asalkan kamu berhasil mengisi semua data dan data tersebut bisa valid serta terverifikasi.

2. Masukkan Tempat Tanggal Lahir

Selain nama, kamu juga perlu memasukkan data tempat dan tanggal lahir untuk bisa cek NISN secara online. Data ini juga harus sama serta sesuai dengan data di kartu keluarga ataupun akta kelahiran.

Sebagai contoh, jika kamu lahir di Subang maka gunakan kota Subang untuk mengisi data tersebut. Apabila tempat lahir sudah kami isi, maka isi juga tanggal, tahun dan bulan lahir kamu.

Ingat jangan sampai ada kekeliruan ketika kamu mengisi data ini. Tidak sedikit orang yang salah ketika mengisi data tanggal lahir, sehingga NISN tidak valid dan mungkin tidak akan ditampilkan.

Oleh karena itu, jika ada kesalahan atau kendala kamu cek kembali data apakah sudah valid atau belum. Apabila masih belum valid silahkan kamu betulkan dengan data yang sesuai.

3. Masukkan Nama Ibu

Terkahir, kamu harus memasukkan data nama ibu kandung untuk cek NISN secara online. Perlu kamu tahu, bahwa data ini sering di pertanyakan oleh beberapa persyaratan ketika ingin masuk ke jenjang pendidikan selanjutnya.

Jadi, kamu harus memasukkan nama ibu kandung sesuai namanya di KTP. Pastikan juga tidak ada kesalahan ketika kamu memasukkan data ini. Sebab nantinya, NISN kamu sulit dimunculkan oleh situs.

Apabila semua proses di atas sudah kamu isi, maka segera tap menu cari data. Dengan otomatis, website ini akan mencari data NISN yang kamu inginkan.

Cara Melihat NISN Tanpa Menggunakan Nama Ibu

Cara Melihat NISN Tanpa Menggunakan Nama Ibu

Tahukah kamu, melihat NISN tidak harus selalu menggunakan nama ibu. Jadi, meski kamu tidak memasukkan data nama ibu namun masih bisa cek nomor induk siswa nasional tersebut.

Nah, jika sudah tidak sabar dan ingin mengetahui bagaimana caranya maka silahkan lihat beberapa tutorialnya dibawah ini.

  • Pertama – tama buka browser atau chrome yang dimiliki
  • Lalu kunjungi situs online https://nisn.data.kemdikbud.go.id/index.php/Cindex/vervalidentitas/
  • Jika sudah, maka otomatis akan masuk ke halaman utamanya
  • Kemudian, kamu diminta untuk mengisi data – data
  • Setelah itu, masukkan NPSN (Nomor Kepala Sekolah Nasional) yang bisa ditemukan di DAPODIK
  • Selanjutnya, kamu akan diminta untuk mengisi tanggal lahir
  • Dan kamu juga akan diminta untuk memasukkan NIK yang ada di KK atau KTP bagi yang punya
  • Apabila berhasil, langsung saja klik I’m Not Robot dan beri tanda ceklis
  • Tap cari data maka prosesnya akan berjalan
  • Terakhir, data akan dimunculkan sesuai dari yang sebelumnya
  • Selesai

Itulah tadi cara cek NISN dengan nama secara online. Semoga kamu tidak bingung lagi untuk melihat nomor induk siswa nasional masing – masing.

Baca Juga Artikel Selengkapnya :

Dapatkan Berita dan Informasi Menarik Lainnya di Google News Skala.id