Cegah Varian Baru Covid Masuk, Pintu Masuk Negara Diperketat

12 September 2021, 22:53 WIB

SKALA.ID – Pemerintah perketat masuknya pendatang dari luar negeri. Dimana para pelaku perjalanan luar negeri harus menjalani pemeriksaan sequencing untuk mengantisipasi masuknya virus Covid-19 ke Indonesia termasuk .

Berdasarkan rilis dari Kementrian Kesehatan, pemerintah juga memantau pelaku perjalanan luar negeri seperti WNI yang baru kembali dari Kolombia, Ekuador, maupun negara-negara yang mengumum kan sudah ada penyebaran varian MU di negaranya.

juga melakukan koordinasi dengan instansi-instansi terkait dalam rangka pengawasan di pintu-pintu masuk negara Republik Indonesia,” Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dr. Siti Nadia Tarmidzi.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh menunjukkan bahwa 2,24% warga negara Indonesia yang kembali dari perjalanan luar negeri teridentifikasi positif meski hasil tes dari negara sebelumnya dinyatakan negatif.

Sebanyak 0,83% warga negara asing yang datang ke Indonesia dinyatakan positif setelah dites di pintu masuk kedatangan Indonesia, padahal hasil tes sebelumnya dari negara asal kedatangannya dinyatakan negatif.

Pada periode 1 sampai 31 Agustus 2021, 4,5% pelaku perjalanan internasional terkonfirmasi positif COVID-19 dari jumlah total kedatangan 36.722 orang.

Artikel Terkait