Catat! Operasi Zebra Candi Mulai Digelar Polres Karanganyar, Ini Sasarannya

15 November 2021, 21:34 WIB

SKALA.ID Candi 2021 digelar mulai Senin (15/11) dan berakhir pada Minggu (28/11). Operasi yang digelar selama 14 hari I ini dengan mengupayakan untuk mengedukasi dan mengedepankan tertib dalam berlalulintas.

“Selama 14 hari ini kita melaksanakan gelar pasukan dalam rangka candi 2021. Tentunya dengan mengedepankan tindakan prefentif dan preemtif,” jelas Kapolres Karanganyar AKBP Muhammad Syafi Maula, Senin (15/11/2021).

Artinya tindakan-tindakan yang dilaksanakan tidak semata-mata demi penegakan hukum akan tetapi lebih kepada tindakan humanis kepada masyarakat.

Baca Juga: Gelar Operasi, 33 Motor Berknalpot Brong Diamankan Polisi 

“Selama Candi 2021, tidak hanya berorientasi pada penegakan hukum lalu lintas/tilang namun juga ada edukasi kepada masyarakat perlunya disiplin dalam berkendara,” paparnya.

Kendaraan dengan menggunakan knalpot brong tetap menjadi salah satu fokus dalam kegiatan operasi. Pasalnya banyak keluhan masyarakat dan pengguna jalan merasa terganggu dengan suara nyaring knalpot tersebut.

“Laporkan kepada kepolisian, dan nanti petugas yang menindak,” pesannya.

Baca Juga: Polisi : Kasus Campur Sperma Ke Makanan, Jalan Terus

Nantinya selama pelaksanaan operasi tidak hanya dilaksanakan di satu titik saja, namun petugas akan mobile dan selalu berpindah-pindah.

“Tidak hanya fokus titik tertentu saja, tapi petugas juga mobile,” imbuhnya.

Selama pelaksanaan Operasi Zebra Candi 2021 ini tetap mengedepankan prinsip keselamatan dan keamanan personel dengan berpedoman pada standar operasional prosedur yang telah ditetapkan.

Baca Juga: UNS Bentuk Tim Pendampingan Hukum Bagi Keluarga Korban Diksar Menwa Dan Tersangka

“Personal yang kita libatkan ada 58 personel. Sebelumnya mereka juga menjalani tes swab,” ucapnya.

Orang nomor satu di ini juga berpesan kepada masyarakat dengan operasi ini masyarakat semakin menyadari pentingnya tindakan tertib berlalu lintas untuk menurunkan angka kecelakaan lalu lintas.

“Karena kecelakaan lalu lintas biasanya diawali dengan pelanggaran,” tandasnya.

Baca Juga: Resmi Ditetapkan Tersangka, Joddy Sopir Vanessa Angel Akhirnya Ditahan

Karena saat ini masih dalam masa pandemi Covid 19, operasi ini juga akan memantau aktivitas masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan (prokes), seperti berkerumun, tidak menggunakan masker.****

Artikel Terkait