Cara Reset Password Mysapk BKN di Handphone dan Website

Skala.id – Cara Reset Password Mysapk BKN bukanlah suatu hal yang sulit untuk dilakukan kamu para PNS. Yang mana media layanan tersebut tidak memiliki cara yang khusus untuk mengganti password jika penggunanya lupa.

Sama halnya dengan penggunaan media-media lainnya, ada kalanya kamu lupa akan password dari platform tersebut. Ada juga beberapa media yang memiliki cara terlalu sulit untuk mengganti dan mereset passwordnya.

Namun, untuk tips Cara Reset Password Mysapk BKN sendiri kamu hanya perlu memerlukan beberapa langkah saja. Lantas bagaimana caranya dan apa saja informasi-informasi yang wajib kamu ketahui, simak berikut penjelasannya dibawah ini.

Apa Itu Mysapk BKN?

Apa Itu Mysapk BKN

Seperti yang sudah kamu ketahui bahwa zaman sekarang, semuanya dapat dilakukan secara online. Semakin berkembangnya teknologi, semakin canggih dan mudah pula untuk kamu melakukan banyak hal.

Berbelanja, kebutuhan sekolah, kebutuhan pekerjaan, mencari uang, dan sebagainya dapat dilakukan secara online saat ini. Tak heran mengapa saat ini banyak kegiatan-kegiatan yang lebih baik dilakukan secara online.

Sama halnya dengan kegiatan dan urusan-urusan pemerintahan yang juga dapat dilakukan secara daring. Misalnya seperti mengambil antrian online untuk kebutuhan pemerintahan lainnya.

Salah satu dari media platform yang telah dibuat oleh pemerintah adalah Mysapk BKN. Aplikasi yang ditujukkan kepada para PNS untuk mendapatkan berbagai macam pelayanan.

Ada 2 versi platform dari Mysapk BKN yaitu website dan juga aplikasi yang dapat kamu gunakan. Keduanya sama-sama memiliki keuntungan dan penggunaan yang sama.

Dengan adanya 2 media yang dapat diakses ini, para pengguna akan lebih mudah memilih untuk memilih sesuai kenyamanannya. Yang mana kamu bisa memilih dengan bebas ingin mengakses melalui web atau aplikasi.

Media yang satu ini akan membantu kamu sebagai PNS dalam menyimpan data dan memperbarui informasi-informasi. Dimana informasi dan data-data tersebut akan tersimpan dalam database nasional pemerintah.

Dengan menggunakan media ini, para pegawai ASN akan diuntungkan dari banyak hal. Misalnya untuk melihat progres dan perkembangan sudah sejauh mana kamu dalam status kepegawaiannya.

Bisa juga digunakan untuk mengajukan dan melihat progres untuk kenaikan pangkat atau jabatan. Masih banyak lagi keuntungan yang akan didapatkan oleh para pegawai ASN atau PNS jika menggunakan aplikasinya.

Namun perlu diketahui bahwa media ini hanya ditujukkan untuk PNS saja. Kamu tidak akan dapat mengakses masuk medianya jika kamu bukan merupakan kepegawaian ASN atau PNS.

Karena untuk login atau sign-in aplikasinya, kamu memerlukan NIP untuk aksesnya. Sehingga, jika bukan merupakan pegawai ASN, untuk sekedar melihat masuk ke dalam platformnya saja tidak bisa.

Bagaimana Cara Login Mysapk BKN?

Bagaimana Cara Login Mysapk BKN

Seperti yang tadi sudah kami katakan diatas bahwa aplikasi ini hanya dapat digunakan khusus pegawai ASN saja. Yang artinya, ada cara-cara khusus dan tertentu untuk dapat login ke dalam aplikasi atau websitenya.

Untuk kamu yang baru saja menggunakan Mysapk BKN, silahkan dapat mengikuti cara-cara dibawah ini. Pastikan untuk mengikutinya dengan benar agar semua kelengkapan data dan informasinya dapat terisi dengan baik.

  1. Pertama, silahkan install aplikasi Mysapk BKN atau buka langsung pada website resmi Mysapk BKN.
  2. Klik Sign-in, lalu masukkan NIP sebagai username kamu dan NIK sebagai passwordnya.
  3. Setelah masuk, silahkan kamu cek kembali informasi-informasi dan data diri pribadi sudah sesuai atau belum.
  4. Seperti informasi jabatan, golongan, pangkat, posisi, dan data-data utama lainnya. Jika ada kesalahan atas data yang tertera dalam Mysapk BKN, silahkan laporkan dan hubungi BKN masing-masing.
  5. Selanjutnya, jika informasi dan data diri yang tertera sudah sesuai, silahkan klik pada bagian Update Data.
  6. Kamu harus mengisi data-data yang diperlukan guna menambahkan informasi-informasi baru. Agar informasi dan data-data kamu dalam Mysapk BKN terisi dengan lengkap.

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk login ke Mysapk BKN, baik website maupun aplikasi. Yang perlu diperhatikan adalah NIP untuk username sebelum login serta memeriksa informasi di dalamnya.

Setelah masuk ke dalam Mysapk BKN, kamu juga bisa mengecek proses kenaikan pangkat yang sedang kamu ajukan. Jadi kamu bisa terus memantau bagaimana perkembangan terhadap pengajuan kenaikan pangkat yang telah diajukan.

Kamu juga bisa mengecek sajian-sajian dan menu lainnya untuk melengkapi data-data yang kurang. Akan lebih baik jika kamu memberikan dan mengisi informasi dalam Mysapk BKN dengan selengkap mungkin.

Bagaimana Cara Reset Password Mysapk BKN?

Bagaimana Cara Reset Password Mysapk BKN

Kalau kamu ingin melakukan reset password atau lupa dengan password Mysapk BKN, maka dapat mengikuti cara berikut. Yang mana cara ini digunakan untuk kamu yang lupa password atau ingin mengganti password baru.

Cara Reset Password Mysapk BKN juga tidak sulit, kamu hanya perlu melakukan beberapa langkah saja. Tidak memerlukan syarat dan ketentuan atau cara khusus untuk menggantinya.

Untuk Cara Reset Password Mysapk BKN, kamu perlu memasukkan email yang aktif nantinya pada kolom yang telah disediakan. Untuk selengkapnya, silahkan kamu ikuti Cara Reset Password Mysapk BKN dibawah ini.

  1. Langkah pertama adalah masuk ke dalam website atau aplikasi Mysapk BKN yang kamu gunakan.
  2. Lalu pada halaman login, silahkan klik Lupa Password untuk melanjutkan.
  3. Pada halaman selanjutnya, kamu akan diminta untuk memasukkan NIP dan juga email aktif, silahkan isi bagian tersebut.
  4. Pastikan kembali untuk menuliskan email dengan benar karena akan dikirimkan kode token untuk konfirmasi password.
  5. Setelah memasukkan NIP dan email dengan benar, maka klik Lanjutkan.
  6. Halaman selanjutnya adalah konfirmasi reset password yang akan diperbaharui dan atau diganti.
  7. Silahkan masukkan password baru dengan ketentuan minimal 6 karakter dan 1 huruf besar serta 1 angka.
  8. Cek pada kotak inbox email masing-masing untuk melihat token, lalu pindahkan kode token pada kolom token di halaman konfirmasi password.
  9. Langkah terakhir adalah klik Reset Password untuk mengkonfirmasi update-an password baru.
  10. Selanjutnya akan muncul pop up yang bertuliskan bahwa password berhasil di reset.
  11. Silahkan kembali ke halaman login dan lakukan login dengan NIP serta password yang telah dibuat sebelumnya.

Itulah tadi beberapa langkah dan Cara Reset Password Mysapk BKN yang perlu kamu ketahui. Perlu diingat kembali untuk memastikan tidak menginput email yang salah atau typo.

Karena email tersebut akan sangat berguna untuk pengiriman kode token. Kalau tidak ada kode token, maka konfirmasi password baru tidak akan dapat dilakukan.

Fitur-Fitur Dalam Mysapk BKN

Fitur-Fitur Dalam Mysapk BKN

Untuk memberikan layanan terbaik kepada para penggunanya, Mysapk BKN sudah menyediakan berbagai fitur menarik. Yang mana fitur-fitur ini akan membantu kamu para pengguna dalam memanajemen informasi-informasi kepegawaian.

Cara Reset Password Mysapk BKN bukanlah suatu hal yang sulit untuk dilakukan kamu para PNS. Yang mana media layanan tersebut tidak memiliki cara yang khusus untuk mengganti password jika penggunanya lupa.

Sama halnya dengan penggunaan media-media lainnya, ada kalanya kamu lupa akan password dari platform tersebut. Ada juga beberapa media yang memiliki cara terlalu sulit untuk mengganti dan mereset passwordnya.

Namun, untuk Cara Reset Password Mysapk BKN sendiri kamu hanya perlu memerlukan beberapa langkah saja. Lantas bagaimana caranya dan apa saja informasi-informasi yang wajib kamu ketahui, simak berikut penjelasannya disini.

Berikut ini adalah beberapa fitur-fitur beserta dengan keuntungannya dan juga penggunaannya. Silahkan simak dibawah ini dan gunakanlah fitur ini dengan baik agar mendapatkan keuntungan yang maksimal.

1. Profil ASN/PNS

Pada fitur yang satu ini, kamu akan dapat melihat dengan lengkap identitas dan informasi pribadi kamu. Seperti posisi kamu, jabatan, golongan, dan juga data-data lainnya.

Keuntungan pada fitur ini adalah kamu dapat melihat secara garis besar mengenai identitas dan informasi kamu. Yang mana jika ada kesalahan informasi yang tersedia, kamu bisa langsung melaporkannya ke pihak yang bersangkutan.

2. Fitur Ubah Data

Selanjutnya adalah fitur ubah data yang dapat kamu gunakan untuk mengupdate data-data terbaru. Misalnya seperti data mengenai alamat rumah, email, nomor NPWP, nomor handphone, dan lain sebagainya.

Lalu pada fitur ini, kamu tidak akan bisa mengubah data yang sudah tertera pada profil PNS diatas. Karena informasi yang tertera tersebut sudah diberikan dan disajikan secara otomatis dan sifatnya tidak bisa diubah.

Kamu hanya bisa melakukan perubahan dan update data pada informasi-informasi yang memang bisa diubah saja. Seperti yang sudah dijelaskan, alamat rumah, dan sebagainya.

3. Fitur Personalisasi

Fitur personalisasi ini adalah fitur yang dapat kamu gunakan untuk mengganti password pada Mysapk BKN. yang mana Cara Reset Password Mysapk BKN sudah kami jelaskan diatas.

Kamu bisa mengikuti Cara Reset Password Mysapk BKN diatas untuk mengganti password jika diperlukan. Pada fitur ini juga, kamu akan dimudahkan dengan cara-cara penggantian password yang cukup mudah.

4. Fitur Otentikasi SK

Fitur yang satu ini berguna untuk memberitahukan surat keputusan yang dikeluarkan langsung oleh SAPK. Surat tersebut biasanya dapat kamu lihat dan kamu akses pada fitur yang satu ini.

5. Fitur My KPE

Selanjutnya adalah fitur My KPE yang berfungsi untuk menampilkan kartu identitas pegawai secara elektronik. Kartu ini dapat kamu cetak dan kamu gunakan untuk beberapa keperluan seperti keperluan administrasi kepegawaian.

6. Fitur Pelacakan Atau Progres

Fitur terakhir adalah fitur pelacakan yang mana berfungsi untuk melihat sejauh apa perkembangan kamu dalam status kepegawaian ASN. Kamu bisa mengecek progres dan perkembangan kamu selama bekerja sebagai pegawai ASN.

Mengapa Harus Menggunakan Mysapk BKN?

Mengapa Harus Menggunakan Mysapk BKN

Saat ini, pihak BKN sudah memberikan dan memudahkan akses untuk para pegawainya dalam mengakses Mysapk BKN. Yang mana ditujukkan untuk dilakukannya pemutakhiran data pegawai.

Sebagai pegawai ASN ataupun PNS lainnya, kamu wajib sekali melakukan pemutakhiran data. Agar nantinya, data yang tersimpan dalam database nasional adalah data yang terbaru dan lebih akurat.

Selain itu, para pegawai yang baru saja menggunakan Mysapk BKN juga akan dimudahkan dalam akses loginnya. Ataupun para pengguna lama yang mungkin lupa password atau sebagainya.

Cara Reset Password Mysapk BKN yang sudah kami jelaskan diatas dapat kamu ikuti tanpa terkecuali. Untuk menambahkan keamanan yang lebih tinggi dan akurat terhadap akun kamu.

Karena password awal yang kamu miliki adalah NIK kamu masing-masing. Jika ingin menggantinya dengan yang baru, maka silahkan ikuti Cara Reset Password Mysapk BKN diatas dengan baik dan benar.

Sebab password ini sangat penting dan alangkah lebih baiknya jika kamu tidak lupa akan password yang dibuat. Agar kamu tidak perlu melakukan Cara Reset Password Mysapk BKN tersebut.

Kamu juga harus menggunakan Mysapk BKN untuk mendapatkan layanan kepegawaian yang lebih baik. Guna memiliki data dan informasi yang sebenar-benarnya untuk menciptakan interoperabilitas data.

FAQ About Cara Reset Password Mysapk BKN

Cara Reset Password Mysapk BKN bukanlah suatu hal yang sulit untuk dilakukan kamu para PNS. Yang mana media layanan tersebut tidak memiliki cara yang khusus untuk mengganti password jika penggunanya lupa.

Sama halnya dengan penggunaan media-media lainnya, ada kalanya kamu lupa akan password dari platform tersebut. Ada juga beberapa media yang memiliki cara terlalu sulit untuk mengganti dan mereset passwordnya.

Namun, untuk Cara Reset Password Mysapk BKN sendiri kamu hanya perlu memerlukan beberapa langkah saja. Lantas bagaimana caranya dan apa saja informasi-informasi yang wajib kamu ketahui, simak berikut penjelasannya disini.

Apakah Ada Cara Reset Password Mysapk BKN Yang Lain?

Tidak ada, semua Cara Reset Password Mysapk BKN hanya dapat dilakukan dengan cara yang sudah kami jelaskan diatas. Karena semua harus dilakukan menggunakan website dan aplikasinya secara langsung.

Kamu tidak bisa melakukan Cara Reset Password Mysapk BKN menggunakan media ketiga. Oleh karena Mysapk BKN adalah aplikasi yang berada dibawah naungan pemerintah langsung.

Apakah Cara Reset Password Mysapk BKN Website Dan Aplikasi Sama?

Kurang lebih, Cara Reset Password Mysapk BKN pada website maupun aplikasi memiliki cara yang sama. Jadi, kamu akan menemukan kemiripan atau hampir sama Cara Reset Password Mysapk BKN pada kedua platform.

Bagaimana Jika Tidak Ada Inbox Masuk Pada Email?

Langkah pertama yang wajib kamu cek adalah penulisan email, apakah sudah benar atau tidak, apakah typo atau tidak. Karena jika typo satu huruf atau satu karakter saja, maka email tidak akan masuk ke email kamu.

Kedua, kamu bisa mengecek inbox masuk pada bagian spam atau trash. Seringkali email inbox pada email-email kamu akan langsung masuk pada spam.

Jika setelah dilakukan kedua cara tersebut tetap tidak ada inbox yang masuk, kamu bisa coba untuk menggunakan email lain. Paling penting adalah memastikan bahwa email yang kamu gunakan adalah email yang maish aktif.

Akhir Kata

Cara Reset Password Mysapk BKN telah kami jelaskan secara lengkap pada artikel kali ini. Selamat mencoba dan semoga cara reset password diatas dapat membantumu yang perlu untuk mengganti passwordnya!

Simak juga beberapa artikel – artikel menarik dari kami lainnya yang pastinya bermanfaat untuk kamu baca :

Dapatkan Berita dan Informasi Menarik Lainnya di Google News Skala.id