Buka UKW, Gus Yasin : Jadi Jurnalis Tidak Bisa Tiba-tiba

Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin buka Uji Kompetensi Wartawan/istimewa

11 Maret 2022, 19:09 WIB

SKALA.ID – Wakil Gubernur Jawa Tengah Maimoen membuka UKW Persatuan Wartawan Indonesia Jateng, di Hotel MG Setos, Jumat (11/3/2022).

Menurutnya menjadi andal tidak bisa tiba-tiba. Perlu banyak pengalaman dan keterampilan untuk bisa menjadi yang kompeten.

Untuk itu Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen mengapresiasi penyelenggaraan Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

“Kegiatan itu adalah ikhtiar meningkatkan kompetensi sebagai corong suara rakyat,” jelasnya.

Menurut Gus Yasin sapaan akrabnya ungkapkan pemerintah tidak boleh menjauhi wartawan. Karena, berita yang dihasilkan pewarta merupakan kritik, untuk meningkatkan pelayanan bagi warga.

“UKW ini adalah kawah candradimuka, bagi para pewarta. Muaranya, peningkatan kualitas berita, untuk memberi kritik dan saran bagi pemerintah,” imbuhnya.

Ketua PWI Jawa Tengah Amir Machmud mengatakan, UKW merupakan upaya dari organisasi meningkatkan kualitas SDM jurnalis. Melalui kegiatan tersebut, diharapkan pewarta dapat meningkatkan profesionalitas kerja.

Profesionalitas jurnalis, menurut Amir, tidak terbatas pada kemampuan menulis. Namun, setiap wartawan harus memahami kode etik dan berpegang pada undang-undang pers.

“Kami fokus menyelengarakan kegiatan terkait pendidikan peningkatan kapasitas SDM wartawan. Kami ingin menunjukan dengan UKW dan forum lain, bisa menegakkan intelektualitas profesi, kemartabatan profesionalitas dan eksistensi wartawan,” pungkasnya.***

Artikel Terkait