BNPB Ingatkan Siaga Kekeringan, Ini Wilayah Yang Diprediksi Alami Kekeringan

Perubahan Iklimmulai terjadi di Indonesia.BNPB menyebut beberapa daerah terancam kekeringan

1 September 2021, 22:21 WIB

JAKARTA – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meminta sebagian wilayah Yang diprediksi justru mengalami . Hal itu diketahui informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika () ada indikasi potensi hidrometeorologis hingga dua dasarian ke depan.

Prediksi kekeringan terjadi di terjadi beberapa kabupaten dan kota di (NTT), Nusa Tenggara Barat (NTB), Bali dan Jawa Timur untuk melakukan langkah-langkah kesiapsiagaan.

Deputi Bidang Pencegahan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Prasinta Dewi sebut perlu beberapa langkah kesiapsiagaan. Dengan meminta pemerintah daerah melakukan pemantauan dan peninjauan lapangan bersama dinas-dinas terkait.

Baca Juga : Inmendagri Terbaru, Pasar Tradisional Buka Hingga Pukul 21.00 WIB

“Untuk mengantisipasi dan menangani terjadinya kekeringan serta potensi , lahan dan semak,” jelasnya dalam rilis tertulisnya, Rabu (1/9/2021).

Termasuk meminta kepala daerah mengambil langkah-langkah penguatan kesiapsiagaan pemerintah dan masyarakat terkait ancaman kekeringan di daerah masing-masing.

“Seperti edukasi kepada masyarakat terkait dampak kekeringan meteorologis. Mengkampanyekan hemat air, salah satunya dengan memanfaatkan air limbah rumah tangga yang relatif bersih untuk digunakan kembali,” imbuhnya.

Baca Juga: Komisi VIII Atensi Bantuan Program Asitensi Kemensos Bagi Penyandang Disabilitas

Artikel Terkait