Benarkah Suku Misterius Inilah yang Diyakini Membantu Pembangunan Candi di Lereng Lawu?

14 November 2021, 23:42 WIB

SKALA.ID – Keberadaan dikaitkan juga dengan bangunan candi kuno yang ada di kawasan gunung Lawu. Candi tersebut dibangun bukan di wilayah datar, namun dibangun di ketinggian.

Seperti yang berada di lereng Gunung Lawu ini dibangun di ketinggian kurang lebih 1.186 meter di atas permukaan laut (mdpl) Sementara keberadaan lebih tinggi lagi, ada di ketinggian 1.496 mdpl.

Banyak pertanyaan saat ini, bagaimana caranya membangun candi di ketinggian dengan batuan yang sangat besar dan berat. Jika dikaitkan dengan keberadaan bisa sedikit membuka tabir misterinya.

Baca Juga: Diyakini Ada Suku Nomaden yang Menunggu Gunung Lawu

Pemerhati gunung Lawu yang juga seorang spiritual sekaligus budayawan, Joko Sunarto jelaskan secara spiritual, kala itu suku Kalang digambarkan memiliki postur yang tinggi dan kuat.

“Kalang sendiri memiliki arti dibatasi. Karena mereka berbeda dari masyarakat lainnya. Sosok suku Talang kala itu berbadan tinggi kuat dan tegap,” jelasnya kepada Skala.id, Minggu 14 November 2021.

Selain memiliki tenaga yang kuat mereka juga memiliki kesaktian yang luar biasa. Tak heran jika sebagian wong Kalang saat itu banyak yang mengabdi di .

Baca Juga: Menelusuri Situs Menggung di Lereng Gunung Lawu, Dipercaya Peninggalan Pengikut Airlangga

Ditambahkan mbah Po, begitu dirinya biasa disapa menambahkan kesaktian mereka juga luar biasa. Hidup nomaden, menyatu dengan alam, makan dari alam sekitar membuat mereka justru menjadi kuat karena ditempa oleh alam.

Artikel Terkait