Begini Kecanggihan Stadion Lukas Enembe, Lokasi PON XX Papua

Stadion itu sekaligus menjadi icon kebanggaan masyarakat asli orang Papua

10 September 2021, 22:37 WIB

SKALA.ID – Provinsi menjadi tuan rumah penyelenggara Pekan Olahraga Nasional XX (PON) yang akan berlangsung 2-15 Oktober 2021 mendatang.

PON kali ini merupakan sejarah karena ini PON pertama yang diselenggarakan di wilayah timur Indonesia, sejak diadakan pertama kalinya pada 1948 di Kota Solo.

Pemerintah propinsi terus bersiap untuk menjadi tuan rumah. Terlihat dengan terselesaikannya berbagai sarana prasarana arena cabang olahraga. Termasuk pembangunan sebagai pusat kegiatan.

Baca Juga: 25 Ribu Relawan Dukung Perhelatan PON XX Papua

Sebuah stadion bernama berdiri megah. Stadion berkapasitas 40 ribu orang ini memiliki fasilitas-fasilitas berstandar internasional yang tentunya bermutu tinggi. Terletak Kampung Harapan Sentani, Kabupaten Jayapura.

Stadion itu sekaligus menjadi icon kebanggaan masyarakat asli orang Papua. Juga ada venue-venue yang dibutuhkan dalam menampung pertandingan ke-37 cabang olahraga itu.

Stadion yang awalnya bernama Stadion Utama Papua Bangkit akan menjadi pusat penyelenggaraan PON XX Papua 2021.

Baca Juga: Siapkan Isoter Terapung dan Vaksinasi, Pemerintah Dukung PON XX Papua

Pelaksanaan PON XX, dibagi menjadi empat klaster, klaster Kota Jayapura menjadi lokasi laga 15 cabang olahraga dengan 21 nomor disiplin. Klaster Kabupaten Jayapura menjadi tempat 14 cabang olahraga dan 22 nomor disiplin.

Klaster Kabupaten Mimika akan mempertandingkan 9 cabang olahraga dan 12 nomor disiplin. Terakhir, klaster Kabupaten Merauke akan mempertandingkan 6 cabang olahraga dengan 6 disiplin cabang olahraga.

Stadion berada dalam satu komplek dengan gedung olahraga lainnya, seperti gedung indoor yang akan digunakan untuk pertandingan cabang olahraga basket dan voli, serta gedung akuatik untuk cabang olahraga renang, loncat indah, polo air, dan sebagainya.

Baca Juga: Jawa Tengah Kirimkan 10 Atlet Terbang Layang di Ajang PON XX Papua

Lapangan cabang olahraga sepak bola di Stadion Lukas Enembe telah mengikuti standar FIFA. Lintasan atletik sintetisnya juga sudah disertifikasi kelas 1 sesuai standar Federasi Atletik Internasional (IAAF).

Sementara, untuk sarana dan prasarana di gedung akuatik sudah mendapatkan sertifikasi dari induk organisasi olahraga renang dunia, Federation Internationale de Natation (FINA), pada 27 Juni 2020 lalu. (Ian) ***

Artikel Terkait