Bea Cukai Surakarta Sita Jutaan Rokok Ilegal Pita Cukai Palsu

Rokok ilegal dengan jaringan peredaran di wilayah Solo Raya dan ke luar Jawa

7 Oktober 2021, 11:12 WIB

SKALA.ID – Jutaan batang rokok ilegal kembali diamankan oleh petugas pada hari Senin 4 Oktober 2021 pukul 15.00 WIB. Rokok tersebut diamankan di salah satu komplek perumahan di Gentan, .

Selain mengamankan satu orang tersangka berinisial SO sebagai pemilik barang, petugas juga membawa barang bukti 1.122.800 batang rokok ilegal tanpa dilekati pita cukai maupun dilekati dengan berbagai merk.

Hari Prijandono, Kepala Seksi Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai Surakarta sampaikan penindakan tersebut hasil pengembangan dari operasi pasar. Dimana dikawasan dan sekitarnya masih banyak ditemukan peredaran rokok ilegal.

Baca Juga: 
Syncrom, Sistem Deteksi Kerumunan Massa Karya Anak Negeri Temuan Anak UGM

“Kemudian ada juga pengiriman rokok ilegal yang masuk ke area Solo Raya dan biasanya rokok tersebut dibongkar di wilayah Sukoharjo,” paparnya melalui rilis yang diterima Sukoharjoupdate, Kamis 7 Oktober 2021.

Berbekal informasi tersebut, tim melakukan pemantauan dan pengawasan selama kurang lebih satu bulan hingga akhirnya mendapatkan informasi yang akurat.

“Selanjutnya tim bergerak ke lokasi sebuah rumah, saat dilakukan pemeriksaan petugas menemukan rokok ilegal jenis SKM (Sigaret Kretek Mesin) dengan berbagai merk yang siap dipasarkan,” bebernya.

Baca Juga: 
Kisah Viral Seorang Siswa Datang Ambil Tugas Harian Pakai Tas Keresek, Diungkap Sang Guru

Hasil pemeriksaan SO ternyata juga menimbun dan menjual rokok ilegal dengan jaringan peredaran di wilayah Solo Raya dan ke luar Jawa. Saat ini, SO sudah berstatus tersangka, dijerat hukuman dengan pelanggaran Pasal 54 dan 56 berdasarkan UU Cukai Nomor 39 tahun 2007.

“Berpotensi menimbulkan kerugian negara dari penindakan ini adalah sebesar Rp. 752.635.000,- (tujuh ratus lima puluh dua juta enam ratus tiga puluh lima ribu rupiah),” lanjutnya.

Artikel Terkait