Banjir Surut, Satu Rumah Warga Serta Fasilitas Umum dan Pendidikan di Seluma Rusak

Banjir Surut, Satu Rumah Warga Serta Fasilitas Umum dan Pendidikan di Seluma Rusak

18 Februari 2022, 23:57 WIB

SKALA.ID yang sempat menggenangi sejumlah wilayah di Kabupaten Seluma, Bengkulu, pada Kamis 17 Februari 2022 akibat curah hujan tinggi, berangsur-angsur surut.

Berasarkan rilis yang diterima, dampak dari banjir tersebut satu warga mengalami sedang.

“Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Seluma menginformasikan selain rumah warganya sedang, 1 fasilitas umum dan 1 fasilitas pendidikan ringan serta 372 unit rumah terdampak,”papar Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, Ph.D,Jumat 18 Februari 2022.

Banjir di Kabupaten Bogor, Sebanyak 3.200 Rumah Masih Terendam

Ia menambahkan, banjir juga menggenangi empat desa di Kecamatan Semidang Alas Maras. Desa-desa terdampak yaitu Desa Talang Kemang, Serian Bandung, Talang Alai dan Jembatan Akar.

“Selain kerugian material, banjir berdampak pada 373 KK atau 2.011 jiwa. Warga terdampak tetap bertahan di rumah mereka. Tidak ada laporan korban jiwa atau pun warga yang mengalami luka-luka,”ujarnya.

BPBD Kabupaten Seluma,ungkap Muhari, telah melakukan koordinasi dengan pihak kecamatan dan desa. Dalam upaya penanganan darurat lain, pihaknya memberikan bantuan logistik kepada para korban banjir.

Banjir Genangi Rumah Warga Desa Limbong Wara di Luwu Utara, Sebagian Warga Mengungsi

Kronologi banjir terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah hulu sehingga debit air Sungai Maras meluap. Banjir tidak dapat dihindarkan dan terjadi sejak Kamis sore, sekitar pukul 15.00 WIB.

Artikel Terkait