Banjir Cilacap Tiga Desa Terendam, 424 Warga Mengungsi

20 Maret 2022, 23:06 WIB

SKALA.ID – Banjir memaksa 108 KK atau 424 jiwa mengungsi kebeberapa di fasilitas pendidikan akibat guyuran hujan yang melanda wilayah sejak Selasa 15 Maret 2022.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah () Kabupaten , wilayah terdampak banjir mencakup lima desa di tiga kecamatan yang ada di Kabupaten .

Wilayah terdampak tersebut meliputi Desa Mujur Lor, Desa Gentasari di Kecamatan Kroya. Selanjutnya Desa Karangjati di Kecamatan Sampang dan Desa Klumprit, serta Desa Karangsembung di Kecamatan Nusawungu.

Banjir dan Longsor Landa Purworejo, Sebanyak 6.085 Warga Mengungsi

“BPBD Kabupaten Cilacap mencatat ada kurang lebih 4.088 KK atau 14.417 jiwa yang terdampak banjir, sedangkan, rumah yang terendam sebanyak 24 unit dengan tinggi muka air antara 5 hingga 150 centimeter,”papar Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, Ph.D., Minggu 20 Maret 2022.

Sementara itu, dampak kerugian material, BPBD setempat mencatat 49 unit fasilitas rumah ibadah rusak, 20 unit fasilitas pendidikan terendam, dan 565 hektar lahan pertanian juga ikut terdampak banjir.

Sebagai upaya percepatan penanganan banjir itu, BPBD Kabupaten Cilacap bersama tim gabungan dari lintas instansi terkait telah melakukan kaji cepat, mendirikan dapur umum, dan melakukan evakuasi dan pertolongan warga jika air mengalami kenaikan.

Sebanyak 108 KK di Kabupaten Sitaro Mengungsi Akibat Banjir Bandang

Selain itu, BPBD juga telah mendistribusikan kurang lebih 3.700 nasi bungkus kepada warga di pengungsian maupun yang terdampak dirumah.

Belum ada laporan mengenai jatuhnya korban jiwa, dan total kerugian masih dalam proses pendataan lebih lanjut.

Artikel Terkait