Bahaya Tawon Vespa, Ini Cara Evakuasinya Agar Tidak Tersengat

OTT tawon Ndas/dok. Humas Pemkab Klaten

23 Februari 2022, 21:00 WIB

SKALA.ID – Kondisi musim hujan, habitat vespa affinis atau ndas cenderung meningkat. Agar tidak menimbulkan korban warga Klaten diminta hati-hati atau segera menghubungi petugas atau relawan jika membutuhkan bantuan penanganan sarang tawon Ndas.

Himbauan itu disampaikan Kinanti Arimbi (40) tokoh Relawan Cepat Tanggap Darurat (RCTD) Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten.

“Biasa kalau musim hujan itu udara lembab. kalau udara dingin itu menjadi musim kawin atau berkembang. Maka tidak heran kalau musin hujan, laporan penanganan rumah meningkat. Sepekan RCTD Cawas bisa enam sampai tujuh kali melakukan operasi tangkap tawon atau OTT” kata Kinanti, dilansir dari laman klatenkab.go.id.

Tanpa Ampun, Sang Guardian Bhayangkara FC Gilas Laskar Padjadjaran Tira Persikabo telak 4-0

Diterangkan wanita yang juga aktif sebagai relawan sungai itu sampaikam sejauh ini relawan RCTD telah melakukan tiga kali OTT (operasi tangkap tawon) di lokasi berbeda di Kecamatan Karangdowo, Klaten. OTT itu dilakukan pada malam hari, kata Kinanti untuk menghindari resiko sengatan kumbang berbisa itu.

“Tiga lokasi berbeda teman-teman melakukan OTT. Masing-masing di Desa Tumpukan, Karang Munggung, dan Pencil yang semuanya berlokasi di Kecamatan Karangdowo, Klaten,” tuturnya.

Sarang tawon Ndas itu sendiri ada yang di dahan pohon, di atas genting sampai di sudut kayu bangunan rumah warga. Kalau di sudut sempit rumah warga menjadi kasus OTT yang sulit.

itu sengatannya sangat berbahaya. Dari 2019 sampai 2021 sudah 9 warga Klaten yang meninggal tersengat .

Menjadi petugas harus terlatih. OTT baiknya malam hari sebab daya pandang tawon terbatas dan sudah masuk sarang. Lubang lalu tinggal ditutup dengan kapas yang dibasahi dengan bensin. Sejenak nanti tawon ndas sudah tak berdaya. Setelah itu sarang baru dimusnahkan.

“Terpenting warga harus hati-hati atau cepat menghubungi Damkar atau relawan terdekat,” tutupnya.***

Artikel Terkait