Aplikasi ‘Cek Bansos’ dari Kemensos Ini Cara Ngeceknya

30 Agustus 2021, 00:12 WIB

JAKARTA – Salah satu upaya agar bantuan sosial (Bansos) tepat sasaran, Kementerian Sosial lewat bernama “Cek Bansos.” Sesuai namanya, ini digunakan untuk mengecek bantuan sosial yang diberikan pemerintah.

Dalam tersebut, masyarakat bisa mengecek mulai dari cek penerima, usul, hingga sanggah. Untuk meningkatkan ketepatan penyaluran bantuan sosial, Kementerian Sosial memperbarui fiturnya. Dua fitur baru tersebut adalah “Usul” dan “Sanggah”.

Dengan fitur itu, masyarakat bisa ikut mengontrol pembaruan data. Keterlibatan masyarakat juga bisa mengakselerasi proses pembaruan sehingga membantu tugas pemerintah daerah.

Baca Juga: Pemerintah Dukung Kebijakan Ekonomi Inklusif bagi Penyandang Disabilitas

Bagaimana cara mengajukan untuk menjadi penerima bansos? Berikut langkah-langkahnya:

  1. Unduh aplikasi
    Aplikasi ini sudah tersedia di PlayStore. Gunakan kata kunci “Aplikasi Cek Bansos” dan cek apakah pembuatnya adalah Kementerian Sosial atau bukan, karena banyak aplikasi serupa.

  2. Setelah berhasil mengunduh, Anda harus melakukan terlebih dulu, karena menu “Usul” dan “Sanggah” hanya bisa diakses dengan menggunakan user ID yang telah diverifikasi dan diaktivasi oleh admin Kementerian Sosial.

Baca Juga: Perusahaan Sektor Esensial Perketat Prokes

Siapkan nomor Kartu Keluarga, NIK, dan KTP saat melakukan registrasi. aplikasi akan meminta foto KTP. Aplikasi ini juga akan meminta Anda selfie dengan KTP saat registrasi.

Setelah mendaftar, isi kode OTP yang dikirimkan ke email Anda. Lalu Anda akan diminta menunggu data-data tersebut diverifikasi oleh petugas.

Setelah berhasil registrasi, Anda dapat mengkses menu pada Aplikasi Cek Bansos.

Baca Juga: PPKM Diperpanjang Lagi,  Anak di Bawah 12 Tahun Tetap Dilarang Naik KA Jarak Jauh

  1. Pilih menu
    Untuk mengecek penerima bansos, Anda bisa memilih menu Cek Bansos. Menu ini berfungsi untuk mencari penerima bantuan sosial. Pada bagian ini, berisi informasi wilayah dan nama penerima. Kemudian, menu Tanggapan Kelayakan.

Artikel Terkait