Apakah Kumis Kucing Memiliki Manfaat? Simak Penjelasannya.

Ternyata kumis kucing memiliki fungsi tersendiri yang tidak banyak diketahui/foto pixabay

2 Maret 2022, 23:37 WIB

SKALA.ID – Banyak tidak mengetahui sejatinya kumis yang dimiliki kucing, bukan hanya sekedar penghias saja. Ternyata itu memiliki fungsi lain.

biasanya tumbuh di bagian pipi, bibir atas dan bawah, dan alis. Memiliki nama ilmiah Latin untuk kumis adalah vibrissae, yang akar katanya berarti ‘bergetar’.

Untuk Apa ?

Dilansir dari laman Daily paws kumis seperti lusinan sensor radar kecil yang membantu navigasi dan terhubung erat dengan ‘pusat’ sensorik, mirip dengan ujung jari manusia.

Hal itu membantu kucing dengan orientasi spasial dan penilaian lingkungan mereka. Kumis kucing juga bisa merasakan apakah permukaan itu keras atau lunak.

Mengapa Kumis Kucing Begitu Panjang

Kumis, sebagian besar, hampir sepanjang tubuh kucing lebar. Ujung kumis tipis, fleksibel, dan sangat sensitif. Sementara semua kumis mamalia meruncing, kumis panjang unik untuk spesies yang perlu memperoleh orientasi tiga dimensi di lingkungan yang kompleks.

Kucing juga dapat mengembangkan “kelelahan kumis”, suatu kondisi yang membuat mereka gelisah atau stres ketika mereka terlalu terstimulasi oleh segala sesuatu yang diambil oleh antena tipis ini, dan mereka tidak tahan jika mereka menyentuh apa pun.

Memotong kumis kucing tidak disarankan karena dapat memengaruhi kemampuan sensorik kucing.

Terkadang kumis kucing rontok atau patah. Namun hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan. Karena kucing memiliki banyak kumis lain untuk menggantikan kumis yang hilang sampai tumbuh kembali.

Kumis baru milik kucing akan kembali muncul dalam waktu sekitar 7-10 hari. Meskipun mungkin perlu beberapa minggu untuk proses kumis kucing mencapai panjang penuhnya. Namun, jika kucing Anda kehilangan kumisnya secara berlebihan, harap cari bantuan dokter hewan.***

Artikel Terkait