Antisipasi Terjadinya Skimming ATM, Ini Penjelasan Ahli Hukum ITE yang  Harus Dilakukan Nasabah

8 September 2021, 14:56 WIB

SKALA.ID (UNS), Surakarta Dona Budi Kharisma bagaimana cara agar terhindar dari kejahatan ATM.

Dirinya menjelaskan, dengan kecanggihan tekhnologi saat ini yang berkembang pesat, dunia perbankan juga sangat rawan dan rentan untuk dibobol.

Untuk itu pihak bank berkewajiban untuk melindungi sistem transaksi nasabah. Namun dari nasabah juga dituntut untuk berhati-hati dalam bertransaksi.

Baca Juga: Rekening Nasabah Bank Jateng di Klaten Raib, Ini Penjelasan Ahli Hukum ITE UNS

Awasi kondisi di dalam ruangan ATM, dikhawatikan terpasang kamera pengawas tersembunyi yang mencurikan untuk memantau data rahasia (PIN) milik nasabah.

“Jangan memilih ATM yang lokasinya sepi dan jauh dari keramaian. Biasanya oknum tertentu memasang mesin ATM yang jauh dari pantauan,” jelasnya, Rabu 8 September 2021.

Hal-hal simpel lain yang harus dilakukan nasabah untuk menghindari Skimming ATM misalkan dengan mengganti pin ATM secara berkala.

Baca Juga : Klaten Gempar, Sejumlah Rekening Milik ASN Dikabarkan Raib

“Ganti pin ATM secara berkala dan mewaspadai setiap transaksi apakah ada kamera yang mencurigakan,” pesannya.

Namum seandainya ada nasabah yang dirugikan terkait tindakan Skimming ATM, nasabah secepatnya datang ke bank terdekat untuk membuat laporan pengaduan.

“Kemudian dari pihal bank langsung melakukan pengecekan di lokasi ATM yang diduga terpasang alat skimming,” pungkasnya.(Ian) ***

Artikel Terkait