Aduh, Tembok Pagar Kraton Kartosuro Masuk Dalam BCB Dibongkar

Masuk dalam benda cagar budaya, tembok kraton Kartosura justru dibongkar

22 April 2022, 22:49 WIB

SKALA.ID – Tembok pagar kuno peninggalan Keraton Kartasura dibongkar untuk akses jalan masuk. LPadahal bangunan pagar kuno Keraton Kartasura yang dibongkar adalah Benda Cagar Budaya (BCB).

Artinya, bangunan bersejarah yang berusia ratusan tahun itu dilindungi dan tidak boleh dirubah apalagi dirobohkan.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sukoharjo memastikan bahwa bangunan pagar kuno Keraton Kartasura yang dibongkar adalah Benda Cagar Budaya (BCB).

Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo, Siti Laila membenarkan pembongkaran bangunan kuno tersebut.

Menurutnga kejadian tersebut tidak dibenarkan dengan alasan apapun. Terlebih sudah sejak beberapa waktu lalu, bangunan pagar Keraton Kartasura itu sedan dalam kajian oleh Tim Ahli BCB.

“Bangunan itu sudah didaftarkan sebagai BCB yang statusnya dilindungi oleh Undang-undang. Itu juga sudah didaftarkan sebagai BCB ke tingkat nasional, tahu-tahu ada orang yang membongkarnya, jelas itu menyalahi undang-undang,” ungkap Siti Laela kepada wartawan, Jumat (22/4/2022).

Ditambahkan Laila pagar bangunan tembok yang dibongkar tersebut panjangnya sekitar 5-6 meter. Informasinya pemilik tanah yang ada di dalam pagar akan membuat bangunan kos-kosan.

“Tetapi yang jelas bangunan ini adalah BCB yang harus dilindungi,” tegasnyar.

Kapolsek Kartasura AKP Mulyanta saat dikonfirmasi juga membenarkan kejadian itu. Namun demikian, pihaknya belum bisa menjelaskan detil karena ini masih dalam penyelidikan bersama Reskrim.

“Nanti pak Kapolres saja yang akan memberikan penjelasan terkait dengan kasus ini. Masih dalam proses penyelidikan,” tutupnya. ***

Artikel Terkait