Ada 15 Orang Meninggal, 27 Hilang Akibat Erupsi Semeru

6 Desember 2021, 17:03 WIB

SKALA.ID – Update korban berdasarkan data per Senin (6/12/2021), pukul 11.10 WIB, Pos Komando (Posko) Tanggap Darurat Bencana dan Guguran Gunung Semeru melaporkan ada 15 orang korban meninggal. 

“Posko juga melaporkan jumlah warga yang masih dinyatakan hilang sebanyak 27 orang,” jelas Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, dalam keterangan tertulisnya Senin 6 Desember 2021.

Namun demikian, jelas dia, pengecekan dan validasi data terus dilakukan untuk memastikan status korban tersebut.

Imbas Erupsi Semeru, PLN Dirikan 3 Posko Darurat Bencana

“Hingga hari ketiga, posko tetap melakukan operasi pencarian dan pertolongan terhadap kemungkinan warga yang menjadi korban guguran Gunung Semeru yang terletak di Kabupaten , Provinsi Jawa Timur, yang meletus pada Sabtu (4/12),” terang Muhari.

Berikut ini total data korban jiwa atau terdampak yang berhasil dihimpun oleh Posko, yaitu warga terdampak 5.205 jiwa, hilang 27 dan meninggal dunia 15 orang. Posko masih memutakhirkan data warga terdampak.

Dari jumlah mereka yang meninggal dunia, sebanyak 8 jiwa teridentifikasi di Kecamatan Pronojiwo, sedangkan 7 lainnya di Kecamatan Candipuro.

Awan Panas Guguran Gunung Semeru, Warga dan Penambang Dilarang Beraktivitas di Sepajang Daerah Aliran Sungai

Artikel Terkait