7 Tips Aman Bagi Mahasiswa Saat Perkuliahaan Tatap Muka Perdana Digelar

Perkuliahaan Tatap Muka kali ini digelar dimasa pandemi Covid-19

6 September 2021, 06:00 WIB

PERKULIAHAN Tatap Muka (PTM) kembali digelar perdana pada Senin 6 September 2021 sudah kembali digelar. Tentu saja kembali digelarnya PTM kali ini, seiring penurunan menjadi membawa kebahagiaan bagi semuannya.

Tapi ingat, PTM perdana ini tentu saja sangat berbeda dengan PTM sebelumnya. Karena PTM kali ini digelar dimasa pandemi . Yang artinya, semuanya wajib untuk tetap memperhatikan yang telah ditetapkan pemerintah.

Karena itulah skala.id memberikan tips apa saja yang harus dilakukan sebelum kembali menimba ilmu secara offline ya.

Baca Juga: Gibran Temui Rektor UNS Pastikan Pekan Depan Perkuliahan Tatap Muka Perdana Digelar

  1. Cek Kondisi Tubuh sebelum Berangkat Kuliah Tatap Muka

Pastikan terlebih dahulu kondisi tubuhmu sebelum berangkat ketempat kuliah. Ini dilakukan agar kita tahu bagimana kondisi tubuh sebelum pergi ke tempat kuliah. Pastikan kita tahu, tubuh kita benar-benar sehat atau tidak.

Bila merasa kurang sehat, badan tengah tidak prima benar, jangan paksakan berangkat dulu ya. Lebih baik tetap belajar di rumah untuk sementara waktu. Dengan begitu, bisa mencegah penularan penyakit baru kepada dirimu maupun orang lain.

Tentu saja beritahu terlebih dahulu pada dosen bila di PTM Perdana tak bisa mengikuti.

Biar tidak ketinggalan mata kuliah, jangan malu-malu dan jangan malas untuk minta materi kepada dosen atau teman-teman tentang materi apa yang harus dipelajari serta tugas apa yang harus dikerjakan.

Baca Juga: Mahasiswa UNS Olah Mayones Berbahan Sederhana Cocok Untuk Program Diet Serta Penderta Kolestrol

  1. Mengukur Suhu Tubuh saat di Tempat Kuliah

Bila kondisi tubuh tengah prima, tentu saja PTM Perdana ini jangan dilewatkan. Tapi ingat, meski tubuh kamu nilai fit, kamu tetap harus mengecek suhu tubuh secara rutin saat di tempat kuliah.

Biasannya, pihak kampus akan memeriksa suhu tubuh menggunakan thermogun saat pertama kali datang ke kampus dan saat hendak pulang ke rumah.

Jangan malu meminta pada pihak security yang ada ditiap-tiap Fakultas untuk mengkur suhu. Pastikan suhunya berada di angka 36-37,5 derajat Celcius.

Bila di atas 37,5 derajat Celcius, maka pihak kampus akan menyuruh kamu untuk pulang dan belajar di rumah, atau membawa kamu ke fasilitas kesehatan terdekat untuk diperiksa kondisi kesehatannya.

  1. Bawa Makanan serta Peralatan Belajar Sendiri

Baca Juga: KKN Tematik, Mahasiswa UNS Sosialisasi Penggunaan Masker Ganda

Jangan malu untuk membawa bekal sendiri. Meskipun kamu sudah berada dijenjang kuliah bukan berarti kamu malu untuk membawa bekal sendiri. Pada masa pandemi, PTM akan dilakukan dengan waktu yang lebih singkat dibandingkan biasanya.

Dimana yang biasannya ada jam istiahat, dimasa pandemi ini bisa dipstikan tidak ada jam istrirahat. Ini dilakukan untuk menghindari adannya kerumunan waktu pergantian jam kuliah. Kalau sudah begini, kamu tidak bisa jajan di kantin.

Membawa bekal makanan dan peralatan belajar sendiri bisa menjadi cara efektif yang bisa kamu terapkan untuk meminimalkan kontak fisik dengan teman.

Baca Juga: Pelaksanaan PTM Sebatas Uji Coba dan Harus Ada Izin

Artikel Terkait