Terkait Suksesi Pura Mangkunegara, Paundra: Semua Ada Prosesnya

15 Agustus 2021, 14:45 WIB

KARANGANYAR Jiwa Suryanegara putra sulung KGPAA Mangkunegara IX sebut jika nantinya penerus tahta Pura Mangkunegaran haruslah sosok mampu menjaga keberlangsungan Pura Mangkunegaran. Termasuk memikirkan kesejahteraan para abdi yang ada di Pura Mangkunegaran.

Selain itu harus mampu mempertahankan Pura Mangkunegaran sebagai pusat pengembangan budaya Jawa khususnya khas mangkunegaran.

Hal tersebut diucapkan Paundra panggilan akrabnya, saat dimintai pendapatnya terkait suksesi di Pura Mangkunegaran.

Dengan bijak Paundra juga sampaikan siapapun nanti yang mendapatkan amanah untuk meneruskan tahta di Pura Mangkunegaran haruslah mampu menjaga keberlangsungan Pura Mangkunegaran.

“Sosok penggantinya nanti harus mampu meneruskan konsep budaya dan tradisi yang ada, serta menjaga keberlangsungan Pura Mangkunegaran,” ungkap Paundra Minggu (15/8/2021).

Hal itu diungkapkan putra sulung KGPAA Mangkunegara IX, Jiwa Suryanegara, saat ditanya soal suksesi pasca wafatnya Mangkunegara IX

Ditegaskan Paundra siapapun nanti yang akan naik menggantikan mendiang ayahandanya, itu merupakan keputusan yang terbaik.

Meski begitu, hal tersebut tidak akan dilakukan dalam waktu dekat. Nanti akan dibicarakan oleh keluarga besar Mangkunegaran.

“Semua ada prosesnya. Dari pengalaman-pengalaman dulu, saat ini, hari tenang dulu. Biar semua baik dulu,” pungkasnya. (Ade) ***

Artikel Terkait