25 Ribu Relawan Dukung Perhelatan PON XX Papua

Para relawan yang terpilih akan terlebih dahulu menjalani pelatihan yang dilakukan secara virtual dengan dihadiri sebanyak 500--700 peserta dari masing-masing klaster

10 September 2021, 22:24 WIB

SKALA.ID – Kementerian Pemuda dan Olahraga menyebutkan persiapan untuk pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional XX atau PON 2021 terus digenjot.

Perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua pada 2–15 Oktober 2021 melibatkan sedikitnya 25 ribu relawan. Mereka akan membantu para delegasi, atlet, dan peserta terkait informasi atau kebutuhan lain.

Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga () Gatot S Dewa Broto menuturkan, salah satu fokus persiapannya adalah perekrutan sekitar 25 ribu relawan.

Baca Juga: Komisi VIII Bisa Terima Alasan Ibadah Haji 2021 Batal, Paryono: Pandemi Covid Belum Berakhir

“Mereka akan disebar di empat sub Panitia Besar (PB) PON XX, yaitu Kota , Kabupaten , Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke,” jelasnya.

Para relawan yang terpilih akan terlebih dahulu menjalani pelatihan yang dilakukan secara virtual dengan dihadiri sebanyak 500–700 peserta dari masing-masing klaster.

Materi pelatihan mencakup pengetahuan dasar terkait PON dan multicabang, pengetahuan kebudayaan Papua, komunikasi, penyelesaian masalah, dan keramahtamahan.

Baca Juga: Pelaksanaan PON XX di Papua Menko Airlangga Minta Semua Harus Sudah Vaksin

Menurut Ketua Bidang SDM Sub PB PON Mimika Agus Hugo Kreey, para relawan itu nantinya akan diberi imbalan Rp300 ribu per hari disesuaikan dengan jumlah hari mereka bertugas di setiap arena pertandingan PON XX.

Mengingat jumlah relawan yang direkrut sangat banyak maka pelatihan akan digelar beberapa tahapan baik tatap muka maupun secara virtual dengan tetap menaati protokol kesehatan.

Perlu diketahui, perhelatan PON XX Papua akan diikuti 7.066 atlet yang berasal dari 34 provinsi. Jumlah atlet seluruh KONI provinsi hanya 6.144 atlet, ditambah dengan atlet tuan rumah 922 atlet. Mereka akan bertanding di 37 cabang olahraga yang dipertandingkan, 56 disiplin cabor, dan 679 nomor pertandingan. (Ian)***

Artikel Terkait